HEADLINES.ID – Menurut Badan Pemberdayaan Industri Alas Kaki Indonesia (BPIPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), pasar ekspor produk alas kaki Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Dari Jepang hingga AS, alas kaki Indonesia pun banyak peminatnya.
Perusahaan sepatu lokal bisa masuk pasar ekspor karena kualitasnya yang tinggi, menurut Gratitude Idayati, Kepala Departemen BPIPI Kementerian Perindustrian. Hal ini terlihat dari peningkatan ekspor yang menunjukkan bahwa sektor alas kaki di Indonesia turut menambah ekspansi ekonomi.
Sektor pakaian jadi adalah salah satu setelan terkuat di Indonesia. “Menurut data BPS, pertumbuhan PDB industri alas kaki triwulan IV 2022 sebesar 30,8 triliun rupiah dengan nilai ekspor sebesar 7,7 miliar dolar AS,” kata Ida dalam pameran Jakarta Sneakers Day (JSD) 2023, Minggu tanggal 26 Februari 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.
Menurut Ida, saat ini ada sejumlah pasar ekspor, mulai dari Amerika Serikat, Jepang, hingga Eropa yang menjadi pasar ekspor bagi merek-merek lokal.