Jokowi Optimis Capai Presentase Kemiskinan 0% di Tahun 2024

Kemiskinan
Foto: Unsplash.com/ Jordan Opel

HEADLINES.ID – Pada 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan persentase kemiskinan ekstrem menjadi nol persen. Usai berdiskusi singkat di Istana Negara sore tadi, Sri Mulyani, Menteri Keuangan, menyampaikan keinginan tersebut.

“Pertama, pada tahun 2024 akan ada upaya untuk mengurangi kemiskinan ekstrim sebesar 0%. Akibatnya, persentase kemiskinan secara keseluruhan akan menurun. Untuk tahun ini dan tahun berikutnya, kebutuhan pendanaan akan kami prioritaskan” ujar Sri saat konferensi pers di Jakarta pada Senin (20/2/2023).

Kedua, menanggapi arahan Jokowi kepada kepala daerah untuk menurunkan stunting hingga 3%, pihaknya juga akan menaikkan alokasinya.

“Dengan demikian, kemiskinan utama berada di 6,5-7,5% dan kemiskinan parah, yang harus 0% di tahun 2024,” ujar Sri.

Guna mendukung berbagai transformasi industri, khususnya yang berbasis sumber daya alam (SDA) yang memperkuat ekosistem industri otomotif berbasis listrik dan baterai, pihaknya juga akan menggunakan insentif fiskal berupa tax holiday, super deduksi untuk penelitian. , untuk vokasi, dan juga tunjangan pajak. Salah satu inisiatif yang akan dilakukan tahun ini dan tahun berikutnya adalah yang ini.

Baca Juga :  PPKM Diperpanjang Hingga 9 Agustus

Pemerintah akan tetap memprioritaskan infrastruktur karena hal itu akan meningkatkan output dan daya saing perekonomian kita, tambah Sri.