oleh

Pemerintah Buka Lowongan 300 Ribu ASN, Ma’ruf Minta Kemenpan RB Cermat

Headlines.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi dan pengadaan calon ASN tahun 2021 secara virtual. Ma’ruf Amin meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) merekrut pegawai yang benar-benar bertalenta.

“Aparatur Sipil Negara merupakan aset bangsa yang sangat penting guna menjalankan pemerintahan yang responsif dan efektif. Oleh karena itu program rekrutmen ASN tahun 2021 harus diletakkan dalam konteks perkembangan lingkungan global dan perkembangan tuntutan masyarakat terhadap kualitas birokrasi ke depan. Saya minta agar hal ini benar-benar menjadi perhatian kita bersama karena rekrutmen merupakan tahap yang sangat menentukan keberhasilan kita dalam mencapai kualitas birokrasi masa depan yang kita cita-citakan,” kata Ma’ruf dalam sambutannya seperti dikutip dari detikcom, Kamis (4/3/2021).

Ma’ruf mengatakan tahun ini pemerintah akan merekrut sekitar 300 ribu ASN. Serta rekrutmen 1 juta guru melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kita juga akan merekrut 300.000 ASN lainnya, baik melalui skema ASN maupun PPPK, melalui jalur reguler yang setiap tahun dibuka,” katanya.

Ma’ruf menjelaskan rekrutmen ASN ini dilakukan dengan pendekatan kebutuhan instansi, serta menggantikan ASN yang telah memasuki masa pensiun.

“Pembukaan formasi ini dilakukan melalui pendekatan kebutuhan instansi, dengan mempertimbangkan alokasi SDM sesuai dengan keahlian yang diperlukan dalam rangka mewujudkan target pembangunan nasional maupun daerah. Disamping itu juga untuk memenuhi kebutuhan menggantikan ASN yang sudah pensiun,” jelasnya.

Ma’ruf kemudian berpesan kepada Kemenpan RB dalam rekrutmen ini. Ma’ruf berharap ASN yang lulus adalah orang-orang yang bertalenta.

“Saya mengharapkan Kementerian PAN dan RB, dapat mengkoordinasikan pelaksanaan rekrutmen pada tahun ini dengan sebaik mungkin, agar pemerintah benar-benar memperoleh talenta-talenta terbaik bangsa, bibit-bibit SDM ASN Unggul yang mampu mewujudkan birokrasi kelas dunia,” kata dia. (detikcom/hli)


Komentar