Menjelang H-2 Lebaran, Para Pemudik Padati Pelabuhan Merak

Pelabuhan Merak
Foto: Twitter.com/ Joko Widodo

HEADLINES.ID – Kendaraan masih memadati Pelabuhan Merak di Banten pada Kamis pagi (20/4/2023), menjelang H-2 2023. Kendaraan pribadi atau roda empat mendominasi.

Peningkatan pemudik dimulai pada Rabu malam, 19 April 2023. Pantauan Kompas.com pada pukul 11.00 WIB, bus dan mobil sudah menunggu untuk menaiki kapal di tempat parkir masing-masing tujuh dermaga.

Hingga mereka berangkat dari kawasan pelabuhan pada pagi hari, sekitar pukul 04.00 WIB, antrean panjang juga meliuk-liuk di sekitar loket tiket.

Baca Juga :  Ustadz Maaher Hina Ulama NU, PKS Singgung Pentingnya RUU Perlindungan Ulama

Jalan Cikuasa Atas yang menghubungkan ke Pelabuhan atau tepat sebelum flyover Merak, memiliki sistem buka tutup yang juga telah ditetapkan kepolisian. Hasilnya adalah antrean mobil dan truk sepanjang 2 kilometer.

Tidak banyak bus di lokasi saat ini. Di dermaga eksekutif atau biasa, orang yang berjalan kaki terus berdatangan selain mereka yang menggunakan mobil.

Wati (34), pejalan kaki di dermaga eksekutif, mengaku memutuskan berangkat dari Tangerang ke Lampung hari ini untuk menghindari kemacetan di jalan tol.

Baca Juga :  Mabes Polri Akan Pantau Pengamanan Reuni 212, Imbau Peserta Taat Prokes

Katanya, “Perjalanan bus dari Tangerang ke sini (Merak) lancar, padahal sebelumnya di Terminal Terpadu Merak penumpang sangat ramai.

Alami Peningkatan Pemudik

Menurut data PT ASDP untuk H-3 pada pukul 08.00 WIB, terjadi peningkatan penumpang sebesar 5 persen jika kita bandingkan dengan tahun sebelumnya. Ada 164.305 ribu orang yang melintas pada H-3.

“Total penumpang sebenarnya mencapai 164.305 orang. Meningkat 5% jika kita bandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 155.812 orang.” Kata Shelvy Arifin, Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry. Dalam keterangan tertulis kepada pers, Kamis 20 April 2023.

Baca Juga :  Perayaan Natal Nasional 2021, Presiden Ajak Umat Gaungkan Solidaritas dan Gotong Royong

Jumlah kendaraan roda 4 yang melewati Pelabuhan Merak saat ini 6% lebih banyak jika kita bandingkan dengan tahun lalu. Total 18.542 kendaraan melintas, naik dari 17.452 unit tahun sebelumnya.