oleh

PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Rincian Bansos ke Masyarakat & Insentif Usaha Mikro

Headlines.id – Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian) memastikan pemerintah memperhatikan ekonomi masyarakat seiring perpanjangan PPKM Level 4. Khususnya di wilayah PPKM level 4, pemerintah telah mengalokasikan tambahan anggaran untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi Rp744,75 triliun.

Peningkatan alokasi anggaran tersebut diantaranya untuk bantuan sosial kepada masyarakat berupa program kartu sembako, diskon listrik, subsidi kuota internet, kartu prakerja, BSU, dan bantuan beras Bulog.

Adapun bantuan bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) pada daerah PPKM Level 4 juga dipastikan akan terus berlanjut dan ditingkatkan. Kata Airlangga, bantuan tersebut antara lain berupa penambahan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) sebesar Rp. 3,6 triliun untuk 3 Juta peserta baru masing masing sebesar Rp 1,2 Juta.

Baca :  Masuk Bioskop Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Pemerintah juga memberikan bantuan untuk warung dan PKL sebesar Rp 1,2 triliun untuk 1 juta penerima masing-masing sebesar Rp 1,2 juta yang akan disalurkan oleh TNI/Polri. Pemerintah juga akan memastikan seluruh penyalurannya cepat dan tepat sasaran.

Hal tersebut dipublikasikan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian lewat siaran pers nomor HM.4.6/188/SET.M.EKON.3/06/2021.

Sebelumnya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan, mekanisme atau tata cara penyaluran bantuan akan diatur dalam pedoman umum dan petunjuk teknis yang ditetapkan dan dilaksanakan oleh TNI Polri.

Mekanisme atau tata cara penyaluran bantuan juga disusun dengan berpedoman pada Permenkeu mengenai Pemberian Bantuan Pemerintah. Kemenkeu dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akan melakukan pendampingan dalam proses penyaluran bantuan.

Baca :  Bantuan Untuk Pekerja yang Terkena PHK

Untuk mendapatkan bantuan tersebut, masyarakat pelaku usaha mikro atau super mikro, harus melakukan Pendaftaran Program Bantuan.


Komentar