oleh

Jokowi Ikuti Arahan Kiai dan MUI Jatim Mendorong Vaksin AstraZeneca

Headlines.id – Presiden Jokowi mengikuti arahan para kiai senior dan MUI Jatim terkait penggunaan vaksin AstraZeneca. Dia akan memperbanyak pasokan vaksin tersebut ke Jatim untuk disuntikkan ke pondok-pondok pesantren.

Itu disampaikan Presiden usai memantau vaksinasi ribuan tokoh agama secara virtual di Pendapa Kabupaten Jombang.

“Tadi pagi juga saya bertemu dengan poro kiai sepuh, para kiai dari MUI Jawa Timur yang menyampaikan bahwa vaksin AstraZeneca bisa digunakan, halal dan toyib,” kata Jokowi di lokasi, Senin (22/3/2021).

Ia berjanji akan memperbanyak pasokan vaksin AstraZeneca ke Jatim mulai besok, Selasa (23/3). Dia berharap vaksinasi untuk pondok-pondok pesantren dan pekerja publik bisa dipercepat.

“Ini akan kami dorong besok agar lebih banyak lagi vaksin yang bisa didistribusikan di Provinsi Jawa Timur, kemudian masuk ke kabupaten kota yang ada agar pelaksanaan vaksin bisa lebih dipercepat untuk pondok-pondok pesantren, para kiai, para santri dan untuk petugas dan pelayan publik,” terangnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa diperbolehkan vaksin Corona meski disebut haram karena mengandung enzim tripsin babi. Namun, pihak AstraZeneca membantahnya. Menurut mereka, produksi vaksin tidak menggunakan dan bersentuhan dengan produk turunan babi atau produk hewani lainnya. (detikcom/hli)


Komentar