BMKG  

Update Banjir Jakarta Terkini, Total Ada 82 RT Terdampak

Banjir
Foto: Unsplash.com/ Misbahul Aulia

HEADLINES.ID – Moh Insaf, Direktur Pusat Data dan Informasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, menjelaskan asal muasal banjir di Jakarta hari ini. Salah satunya lantaran akan mengalami hujan deras hingga sangat deras.

Ia menyatakan dalam keterangan tertulis pada Senin, 27 Februari 2023, “Menurut informasi BMKG, hujan tercatat dengan intensitas sangat lebat.”

Menurut Insaf, curah hujan sangat signifikan terjadi di sekitar Pompa Arcadia (105 mm), Stasiun Klimatologi atau Staklim Banten (105 mm), dan Sunter Hulu (105 mm). (100mm).

Sementara itu, hujan mengguyur Ibu Kota dengan intensitas 50 hingga 100 milimeter per hari. Dia mengklaim, Jakarta sudah diguyur hujan sejak kemarin dan masih berlanjut sampai sekarang.

Baca Juga :  Breaking News! Gempa Bumi M 7,3 Mentawai Sumatera Barat

Akibatnya, beberapa pintu air Jakarta kini dalam keadaan siaga lebih tinggi. Misalnya, negara siaga 3 di Pintu Air Manggarai, Pintu Air Pasar Ikan, dan Pintu Air Karet.

“Pos Sunter Hulu dan Pos Angke Hulu sudah disiagakan 2,” kata Insaf.

Hingga pukul 11.00 WIB hari ini, genangan telah melanda 82 rukun tetangga (RT) dan dua ruas jalan Jakarta, menurut data BPBD DKI. Mayoritas banjir atau 50 RT terjadi di Jakarta Timur. Jakarta Selatan dan Jakarta Barat (24 RT) akan menyusul. (8 RT).

Baca Juga :  Waspada Gelombang Laut Tinggi di Perairan Lampung

Kedalaman air bervariasi dari 20 hingga 180 milimeter. Sungai Ciliwung, Krukut, dan Pesanggrahan meluap, hujan deras, dan faktor lainnya menjadi penyebab banjir Jakarta.