oleh

Tips Menabung untuk Fresh Graduate

Headlines.idFresh graduate memang kerap sulit untuk menabung. Selain karena masih dalam fase mencari pekerjaan, kebiasaan hidup mewah atau kebiasaan menggunakan barang-barang branded di zaman kuliah juga membuat fresh graduate tidak banyak memiliki tabungan.

Meskipun begitu, tidak ada kata terlambat untuk mulai menabung. Selain memberikan banyak keuntungan, kamu juga dapat belajar disiplin dan mandiri.

Berikut ini tips menabung yang bisa kamu lakukan :

1. Catat budget kamu

Buat perkiraan pengeluaran bulanan kamu dan berapa yang bisa disimpan. Dengan membuat catatan ini, maka kamu sudah membatasi diri sendiri untuk belanja sesuai dengan budget yang ditentukan. Gunakan aplikasi menabung biar lebih seru dan tidak membosankan.

Baca :  Instagram Tidak Bisa Update Story

2. Masak sendiri untuk bekal dan makan dirumah

Membuat bekal sendiri efektif untuk membantu kamu berhemat, karena tidak perlu menghabiskan uang untuk beli makanan dari luar, jadi kamu bisa belanja bahan makanan dan mengolahnya sendiri. Selain menghemat, membuat bekal sendiri juga baik untuk kesehatan. Kalau belum bisa belajar masak, kamu bisa cek cara masak di Youtube atau resep online.

3. Simpan uang receh

Meskipun terlihat sepele, banyak orang yang menyepelekan si koin logam ini. Padahal, uang receh kalau ditabung lama-lama akan terkumpul banyak. Nah, kamu bisa ganti uangnya kemudian ditabung deh.


Komentar