Mengenal Lebih Dekat Provinsi Papua Pegunungan

Mengenal Lebih Dekat Provinsi Papua Pegunungan
Foto instagram @indo.maps

Headlines.id – Mengenal Lebih Dekat Provinsi Papua Pegunungan yang merupakan salah satu diantara ketiga provinsi yang diresmikan.

Hidup ditanah Papua yang sangat kaya dengan sumber daya alamnya membuat rakyat tetap sejahtera meskipun terkenal dengan wilayah tertinggal.



Begitu besar harapan warga setempat dengan adanya pemekaran provinsi ini perhatian terhadap mereka lebih bisa tergapai.

Maka dari itu tentu akan sangat menyenangkan Mengenal Lebih Dekat Provinsi Papua Pegunungan dengan ulasan yang terurai berikut ini.



Baca Juga :  PD 'Puji' Marzuki Alie dkk Cabut Gugatan ke AHY: Akhirnya Sadar

Mengenal Lebih Dekat Provinsi Papua Pegunungan

Mengenal Lebih Dekat Provinsi Papua Pegunungan
Foto instagram @indo.maps

Provinsi Papua Pegunungan adalah Daerah Otonomi Baru (DOB) di Pulau Papua, Indonesia. Ibukota provinsi pegunungan Papua adalah Jayawijaya, yang terletak di wilayah pegunungan tengah.

Provinsi pegunungan Papua meliputi wilayah administratif Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lanni Jaya dan Kabupaten Nduga.



Provinsi pegunungan Papua merupakan hasil pembagian provinsi Papua yang dibuka setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meloloskan tiga RUU untuk membentuk tiga provinsi baru Daerah Otonom (DOB) di Papua pada Kamis, 30 Juni 2022.

Baca Juga :  BMKG Ajak Masyarakat Waspada La Nina

Suku-suku di provinsi pegunungan Papua

Provinsi Papua selatan termasuk wilayah masyarakat adat La Pago, yang terdiri dari daerah-daerah di bagian timur wilayah pegunungan tengah.