Ustadz Maaher Hina Ulama NU, PKS Singgung Pentingnya RUU Perlindungan Ulama

Ustadz Maaher (Foto: Dok. Pribadi)

Headlines.id – Pemilik akun Twitter @ustadzmaaher, Soni Eranata alias Ustadz Maaher At-Thuwailibi, ditangkap polisi karena menghina seorang ulama NU, Habib Luthfi bin Yahya. Ketua DPP PKS Bukhori Yusuf mengatakan tokoh agama di masyarakat Indonesia punya kedudukan terhormat.

“Kedudukan tokoh agama di negara Indonesia itu memang memiliki kedudukan yang terhormat untuk saya. Berangkat dari Undang-Undang Dasar kita yang mendasarkan bahwa negara Indonesia ini berdasar kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Bukhori seperti dikutip dari detikcom, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah menjelaskan Indonesia berlandaskan agama. Sehingga posisi tokoh agama di Indonesia itu sangat dimuliakan.

Dia lalu menyinggung soal pentingnya undang-undang yang mengatur perlindungan terhadap tokoh agama. Diketahui, Fraksi PKS pernah mengusulkan RUU tentang Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama. RUU ini sempat ramai dibicarakan dan masuk ke Prolegnas Prioritas 2020.

“Itu posisi tokoh agama (ibarat) menjadi guru bagi bangsa ini. Dalam momen yang seperti ini, ini mestinya menjadi penting karena adanya perlindungan terhadap tokoh-tokoh agama dan juga simbol-simbol agama dan itu sebenarnya sudah masuk ke dalam program legislasi nasional tahun 2020,” sebut Bukhori.