Profil Provinsi Papua Tengah

Profil Provinsi Papua Tengah
Foto instagram @ indo.maps

Headlines.id – Salah satu pemekaran terbaru ialah Provinsi Papua Tengah untuk itu mari mengenal Profil Provinsi Papua Tengah belum lama ini di resmikan.

Sebagai pengetahuan umum dan memperluas wawasan tentu akan sangat bagus jika kalian tertarik untuk mengenal seluruh bagian Indonesia.



Karena tanah air tercinta ini sangat luas dan memiliki berbagai ragam kekayaan mulai dari sumber daya alam bahkan hingga ke sumber daya manusia.

Khusus pembahasan kali ini akan memperkenalkan Profil Provinsi Papua Tengah mengetahui lebih detail apa yang harus diketahui.

Profil Provinsi Papua Tengah

Profil Provinsi Papua Tengah
Foto instagram @ indo.maps

Ibu Kota Provinsi Papua Tengah adalah Nabire, di Kabupaten Nabire. Nabire merupakan kawasan yang sangat strategis dan merupakan gerbang tol laut untuk wilayah lain di wilayah Mi Pago.

Provinsi Papua Tengah meliputi wilayah administratif Kabupaten Nabire, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Dayai.  Luas Provinsi Papua Tengah adalah 66.129 kilometer persegi.



Provinsi Papua Tengah merupakan salah satu daerah yang terbentuk akibat pembagian provinsi Papua yang dibuka oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setelah diadopsinya tiga RUU tentang pembentukan tiga provinsi baru Daerah Otonom (DOB) di Papua pada Kamis, 30 Juni 2022.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Lantik Keanggotaan Komisi Nasional Disabilitas

Suku-suku di Provinsi Papua Tengah

Provinsi Papua Tengah termasuk wilayah penduduk asli MI-Pago, yang termasuk dalam suku Mi. Mi berarti orang-orang yang dipenuhi dengan pikiran yang sehat.