Pahala Sholawat yang Dijanjikan Oleh Allah SWT

Foto : tribuncirebon.com
Foto : tribuncirebon.com

Headlines.id – Pahala Sholawat
Sebagai umat beragama kita sangat dianjurkan untuk bersholawat, dimana pahala sholawat ini sangat besar dan berpengaruh dalam hidup.

Sholawat dilantunkan dan dihaturkan kepada kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang akan memberi syafaat kepada umatnya.



Pahala sholawat sangat besar seperti salah satunya adalah mendapat syafaat serta diberikan berbagai pahala yang teekandung dalam sholawat yang dilantunkan.

Untuk memperjelas pemgetahuan berikut akan dibahas beberapa pahala sholawat yang akan didapatkan.



Pahala Sholawat yang dijanjikan Allah SWT

Foto : tribuncirebon.com
Foto : tribuncirebon.com

Berikut dibawah ini merupakan bentuk manfaat dan pahala sholawat yang akan diperoleh ketika kalian melantunkan sholawat, antara lain.

Dapat meningkatkan derajat

Pertama, derajatnya meningkat. “Siapa pun dari umatmu memberkati kamu sekali, Allah mencatat sepuluh perbuatan baik untuknya, menghilangkan sepuluh perbuatan buruk dari dirinya sendiri, mengangkatnya dengan sepuluh langkah dan mengembalikan sepuluh langkah kepadanya.”(HR Ahmad).



Membuat doa menjadi kenyataan

Kedua, doanya dijawab. Rasulullah SAU mengatakan: “Ketika salah satu dari Anda membaca shalawat, biarkan dimulai dengan memuji Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacakan shalavat kepada Nabi. Kemudian dia berdoa untuk apa yang dia inginkan.”(Ahmad, Abu Daoud dan Tirmizi).

Berkumpul di surga bersama-sama dengan Nabi

Kelima, berkumpul di Surga Bersama Nabi. Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan: “orang yang memiliki hak terbesar untuk bersama saya pada hari kiamat adalah orang yang membaca saya paling berkat.”(HR Tirmizi).

Dapatkan banyak Balasan

Selanjutnya, pahala yang dijanjikan. Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) berkata, ” Barangsiapa melimpahkan berkah pada saya sekali, Allah akan melimpahkan berkah padanya sepuluh kali.”(Muslim, Abu Daud, Tirmizi).

Baca Juga : Puasa Dzulhijjah Penghapus Dosa Satu Tahun



Syafaat Nabi

Keempat, meminta syafaat dari Nabi. Dari Abdullah ibn Umar, dia mendengar Rasulullah berkata: “Jika kamu mendengar adzan, maka katakan padaku, seperti yang dikatakan muadzin, maka bershalawatlah kepadaku.

Mendapatkan pahala dari Allah
Manfaat membaca berkat-berkat Nabi di tempat pertama adalah untuk menerima berkat-berkat Allah.



Dikatakan bahwa bagi siapa saja yang Membaca shalawat Untuk Nabi Muhammad, Allah akan membalasnya dengan shalawat 10 kali lipat.

Hal ini jelas disebutkan dalam hadits di mana Nabi berkata: “Barangsiapa yang telah melakukan bershalawat bagi saya sekali, maka Allah SWT bershalawat baginya 10 kali.”



Malaikat juga membaca shalawat

Tidak hanya Allah dan Rasulullah, tetapi para malaikat juga bershalawat pada orang-orang yang membaca berkat-berkat Nabi.

Bahkan, para malaikat menanggapi dengan melafalkan berkah Nabi 70 kali bagi siapa saja yang melakukan praktik ini.



Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad Dari Abdullah ibn Umar Ra, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa bershalawat untuk Nabi Muhammad sekali, maka Allah dan malaikat-malaikatnya akan bershalawat untuknya 70 kali.”

Baca Juga :  Video: Ilmu Tajwid Cara Membaca Idgham Bighunnah

Berkah Menjalani Hidup

Manfaat Keutamaan Membaca Shalawat Nabi Muhammad saw last but not least adalah aliran Shalawat. Muslim yang menyembah Nabi akan menjadi salah satu kelompok manusia yang paling penting di matanya.



Selain itu, Allah juga akan menguras berkah dan kebaikan bagi siapa saja yang bershalawat pada Rasulullah. Bahkan berkat akan terus mengalir kepada anak-anak dan cucu-cucunya.

Untuk menjadi penghibur di kuburan
Keutamaan Membaca Shalawat Nabi juga bisa meminta maaf atas segala kesalahan dan nantinya menjadi penghibur di dalam kubur.



Dia adalah satu-satunya yang merupakan teman dari semua makhluk hidup yang telah mati dan dikuburkan. Oleh karena itu, semua Muslim harus melipatgandakan perbuatan baik sebagai keamanan di akhirat.

Kebutuhan Terpenuhi

Prioritas membaca berkah Nabi juga dapat menghilangkan kemiskinan. Dikatakan bahwa bagi siapa saja yang membaca berkat-berkat Nabi, maka Allah akan meniadakan kemiskinan baginya dan memberikan kelimpahan barang berguna.



Meskipun ini termasuk praktek Sunnah, tapi bacaan menengah ini memberikan banyak manfaat yang baik selama hidup di dunia ini, bahkan kemudian di akhirat.