oleh

Menteri Termuda Malaysia, Kini Terjerat Kasus Dugaan Korupsi Rp 3,4 Miliar!

Headlines.id – Sosok Syed Saddiq sempat viral lantaran berhasil menduduki posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia di usianya yang masih 25 tahun. Syed Saddiq dilantik sebagai Menpora Malaysia pada tahun 2018 lalu.

Muda, berprestasi, dan punya wajah tampan, gak heran kalau popularitas Syed Saddiq sebagai Menteri Termuda Malaysia mendapat banyak sorotan. Belakangan namanya kembali menjadi perbincangan publik.

Tapi kini Syed Saddiq justru didakwa terlah melakukan korupsi sebanyak 1 juta ringgit atau sekitar Rp 3,4 miliar. Berikut 5 fakta Syed Saddiq dari awal kariernya di politik hingga terjerat kasus dugaan korupsi.

Anak pekerja bangunan

Syed Saddiq lahir di Pulai, Johor Bahru, Malaysia pada 6 Desember 1992. Ia adalah anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya yang berasal dari Singapura merupakan seorang pekerja bangunan di Negeri Singa. Ibunya adalah seorang guru bahasa Inggris yang membuka kursus tambahan hingga malam hari untuk menambah pendapatan.

Baca :  Tips Menabung untuk Fresh Graduate

Tolak beasiswa ke Oxford University

Syed Saddiq pernah belajar di Royal Military College (RMC) sebelum melanjutkan studinya di International Islamic University Malaysia (IIUM) jurusan Bachelor of Laws (LLB).

Pada tahun 2017, ia menolak beasiswa kuliah di Oxford University di Inggris karena kesibukannya di politik Malaysia. Setahun kemudian, setelah terpilih ke parlemen, ia kembali menolak tawaran Beasiswa Chevening untuk mengambil program Master of Public Policy di Oxford.

Pada April 2021, ia telah berhasil menyelesaikan Lee Kuan Yew Senior Fellowship in Public Service Program di Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore.


Komentar