Mengenal Lebih Dekat Batik Indonesia, Sejarah dan Ragamnya

Sejarah Batik Indonesia
Foto : Unsplash.com

Headlines.id – Dalam kesempatan ini kami akan Mengajak kalian untuk Mengenal Lebih Dekat Batik Indonesia mengenai sejarah batik indonesia serta keberagamannya.

Untuk itu bisa langsung saja simak ulasan mengenai Sejarah Batik Indonesia yang telah dirangkum bahasan lengkapnya berikut ini.



Sejarah Batik Indonesia

Sejarah Batik Indonesia
Foto : Unsplash.com

 

Sejarah batik Indonesia terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit di era penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa.



Menurut beberapa catatan, pengembangan batik dilakukan pada masa Kesultanan Mataram, kemudian dilanjutkan pada masa Kesultanan Surakarta dan Yogyakarta.

Baca Juga :  Mahfud Bicara Kerumunan Jadi Pembunuh Potensial, FPI Bawa-bawa Pilkada

Dari semua daerah di Indonesia, pasti ada koneks dan di masing-masing ada batik, meskipun hasil pengembangan daerah lain di Indonesia.



Seni batik di Indonesia sudah dikenal sejak zaman Kerajaan MAJAPAHIT dan terus berkembang hingga kerajaan berikutnya dan raja-rajanya.

Penjelasan seni batik pada umumnya tersebar luas di Indonesia dan terutama di Pulau Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.



Ragam Jenis Batik Indonesia

Dibawah ini, kita akan berkenalan dengan beberapa jenis batik yang ada di negara Indonesia ini.

Baca Juga :  Wawasan Wiyata Mandala Materi MPLS

Kain Batik Parang Rusak

Batik Parang rusak adalah motif batik khas Indonesia yang sangat populer dan berasal dari Yogyakarta. Motif batik ini menggambarkan pentingnya perjuangan antara manusia melawan kejahatan.