Mastodon, Platform Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter

mastodon medsos
Media Sosial Mastodon. Foto: blog.joinmastodon.org

HEADLINES.ID – Apa itu Mastodon? Sebuah platform media sosial yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di jagad maya.

Sejak Elon Musk resmi menjadi pemilik baru Twitter pada akhir Oktober 2022, sejumlah pengguna platform berlogo burung tersebut mulai bermigrasi ke Mastodon.



Hal itu disebabkan oleh beberapa kontroversi Elon Musk yang memberikan banyak perubahan pada sejumlah produk Twitter seperti biaya langganan bulanan untuk pengguna yang ingin mendapatkan centang biru atau akun yang terverifikasi.

Mastodon saat ini telah menjaring lebih dari 650 ribu pengguna dan 230 ribu diantaranya mulai bergabung ketika Elon Musk mengambil alih twitter pada 27 Oktober 2022.

Melansir dari Wikipedia, Mastodon adalah sebuah perangkat lunak sumber terbuka dan gratis untuk menjalankan layanan jejaring sosial yang dihosting sendiri.

Mastodon memiliki fitur microblogging yang mirip seperti Twitter. Penggunanya dapat membuat postingan yang dikenal dengan sebutan ‘Toots’, membalas postingan, suka dan posting ulang. Pastinya para pengguna bisa saling mengikuti satu sama lain.



Perangkat lunak Mastodon diluncurkan oleh Eugen Rochko yang sekaligus CEO and Lead Developer Mastodon pada tahun 2016 lalu.

Mastodon dikembangkan oleh Mastodon gGmbH yang merupakan sebuah organisasi nirlaba asal Jerman.