Maling Tertangkap Gegara Ketiduran di Atas Genting Gasak 20 HP dan Uang Tunai

Pelaku diperiksa polisi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)

Headlines.id – Maling ketiduran di atas genting yang videonya viral ternyata memang kelelahan setelah melakukan aksi pencurian. Arif Hermawan (27) seorang buruh harian lepas warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran mengaku menyesal beristirahat sampai ketiduran di atas genting konter.

Pelaku telah membobol brankas selama 3 jam dan mengambil 20 handphone dan sejumlah uang tunai. Saat diinterogasi polisi, pelaku dengan penuh tato di tubuhnya ini mengaku nekat menjalankan aksinya lantaran sedang membutuhkan uang untuk keperluan sehari-harinya.

Tak puas menyikat uang tuani di dalam konter, pria ini juga membobol brankas yang ada di dalamnya. Akibatnya, dirinya kelelahan setelah membobol brankas itu.

Baca Juga :  Razman Arif Mundur dari Kubu Moeldoko: Nazaruddin Jadi Beban!

“Kecapean pak. Tadi pas buka brankas capek,” ujarnya singkat saat diperiksa petugas, Minggu (20/12/2020).

Arif mengaku membutuhkan waktu 3 jam lebih untuk membuka brankas di konter tersebut. Brankas tersebut berisikan puluhan hp. Barang tersebut kemudian diambil dan dirinya bergegas untuk keluar konter melalui atap genting.

“Nyesel saja kenapa kok ndak langsung pergi. Keburu pagi soalnya pas jebol brankas lama. Istirahat sebentar ternyata ketiduran pak. Kemudian ada warga yang tahu saya di atas genting belakang,” tandasnya.

Dirinya mengaku baru pertama kali melakukan aksi itu. Itupun dilakukan karena sudah kepepet untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga :  Rera Digital Marketing Agency Lampung Permudah Memasarkan Produk

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian yang ancaman hukumannya hingga 7 tahun penjara.

Sebelumnya, video berdurasi 1 menit 47 detik itu viral di medsos dan WaG di Banyuwangi, Minggu (20/12/2020). Seperti dikutip dari detikcom, video itu diunggah akun @ndorobeii pukul 10.00 WIB dan mendapat komentar 255 dan disukai 4.761.

Sambil mengucek matanya, pelaku pencurian itu tak menyadari jika sudah terekam kamera ponsel warga. Warga yang merekam aksi tersebut kaget saat menemukan pelaku pencurian atau maling ketiduran di atas genting konter. Pelaku yang kepergok pun tidak bisa berbuat banyak karena sudah dikepung warga.

Baca Juga :  Geger! Dikira Korban Kecelakaan, Sudah Dikubur Malah Pulang Kerumah

“Beh, keturon iki lek. Ngantuk pol iki malinge. Ayo cegaten, mudun-mudun (Ketiduran kamu ya, ngantuk berat ini malingnya. Ayo di kejar, turun-turun),” teriak salah satu warga dalam video viral itu.

Warga langsung memberikan bogem mentah ke pelaku yang bisa menunduk dan menutup kepalanya yang dipukuli massa.

“Iki malinge ayo dihajar. (Ini malingnya, ayo dipukuli,” kata pria dalam video itu. (detikcom/hli)