oleh

Libur Natal dan Tahun Baru, Okupansi Hotel di Puncak Diprediksi Meningkat hingga 80 Persen

Headlines.id – Okupansi atau tingkat hunian hotel di kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat, melonjak drastis saat libur Natal dan jelang Tahun Baru (Nataru) 2022.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur Nano Indra Praja menjelaskan, saat ini peningkatannya mencapai hingga 40 persen dibandingkan dengan hari biasa.


Diperkirakan, hingga sepekan ke depan kenaikannya bisa mencapai hingga 75-80 persen.

“Beberapa hotel memang sudah ada yang full,” ujar Nano seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

Seiring lonjakan tersebut, pihaknya mengingatkan bagi pengelola hotel untuk dapat tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk adanya fasilitas scan barcode PeduliLindungi guna memastikan seluruh tamu hotel telah divaksin.

“Mereka juga sudah kita imbau dan ingatkan untuk tidak menggelar acara atau pesta Tahun Baru yang bisa memicu kerumunan,” tambahnya.

Seperti yang dihimbau sebelumnya, Bupati Cianjur Herman Suherman melarang segala bentuk perayaan malam pergantian tahun, termasuk di lingkungan hotel.

“Tidak boleh rayakan, dilarang. Kalau nginap d hotel boleh, makan, tidur, tapi jangan mengadakan hiburan,” ujar Herman.

Herman pun menegaskan, Cianjur masih memberlakukan PPKM level 2, dan merujuk pada Inmendagri, tempat-tempat wisata wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi bagi para pengunjung.

“Di momen Nataru ini kita juga siapkan gerai-gerai vaksin di setiap tempat hiburan dan obyek wisata, termasuk terus sosialisasi untuk jaga prokes, tidak bepergian dan jaga kesehatan,” ucap Herman.


Komentar