Kabar Gembira! Penerima PKH & BPNT Bakal Dapat Bansos Beras 10 Kg

Info Bansos Terbaru. Foto: Pixabay @IqbalStock
Info Bansos Terbaru. Foto: Pixabay @IqbalStock

HEADLINES.ID – Ada kabar baik bagi penerima manfaat bantuan sosial (KPM) di Indonesia. Setelah bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) cair secara merata di berbagai wilayah, kini bantuan tambahan akan segera menyusul.

Bagi KPM yang belum menerima bantuan PKH maupun BPNT untuk alokasi Mei-Juni, diharapkan tetap bersabar. Pemerintah menegaskan bahwa penyaluran bantuan sosial dilakukan secara bertahap.

Oleh karena itu, penting untuk terus memantau status penerimaan bantuan melalui aplikasi SIKS-NG atau dengan menghubungi pendamping desa setempat.

Baca Juga :  Daftar Bansos Bulan November 2021

Cara Cek Status Penerima Bantuan

Cek di Aplikasi SIKS-NG

Unduh aplikasi SIKS-NG di Play Store dan masukkan data diri Anda.

Hubungi Pendamping Desa

Kunjungi kantor desa atau hubungi pendamping desa untuk mendapatkan informasi terkait status penerimaan bantuan.

Pemerintah mengumumkan bahwa bantuan tambahan berupa bantuan beras akan segera disalurkan. Bantuan ini akan diberikan dalam tiga tahap dengan total anggaran sebesar Rp9 triliun, yang ditargetkan untuk 22 juta KPM.

Baca Juga :  Janji KPK Tentukan Nasib Novel Dkk Usai 'Diselamatkan' Jokowi

Bantuan ini merupakan perpanjangan dari bantuan beras 10 kg yang sebelumnya diumumkan akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2024.

Bantuan Langsung Tunai Mitigasi Rawan Pangan
Bantuan Beras 10 Kg. Foto: Pixabay @none969

Jadwal Penyaluran Bantuan Beras 10 Kg

Bantuan beras 10 kg akan disalurkan dalam 3 tahap, yaitu:

  • Tahap 1: Agustus 2024
  • Tahap 2: Oktober 2024
  • Tahap 3: Desember 2024

Meskipun demikian, detail lebih lanjut mengenai apakah 22 juta penerima manfaat ini termasuk KPM PKH dan BPNT atau masih akan menggunakan data P3KE belum dijelaskan secara rinci.

Baca Juga :  Pesawat Lion Air Tergelincir di Bandara Lampung, Seluruh Penumpang Selamat

Dalam rapat internal dengan Badan Pangan Nasional dan Presiden RI, Kementerian Keuangan menyatakan bahwa anggaran Rp9 triliun masih tersedia untuk penyaluran bantuan beras 10 kg dalam tiga tahap.

Ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memastikan bantuan sosial terus tersalurkan dengan baik kepada masyarakat yang membutuhkan.