oleh

Jokowi Minta Tindakan Tanggap Darurat Selamatkan Korban Erupsi Semeru

Headlines.id – Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada kementerian/lembaga terkait untuk segera melakukan tindakan cepat dalam menangani dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan, instruksi tersebut telah diperintahkan oleh Presiden kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Rerumahan Rakyat (PUPR), Panglima TNI, Kapolri, Gubernur dan Bupati.


“Presiden telah memerintah untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari, dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka dan melakukan penanganan dampak bencana,” ucap Pratikno, dalam keterangan persnya secara daring, Minggu (5/12/2021).

Selain hal itu, Presiden Jokowi juga memerintahkan agar seluruh bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan kebutuhan pokok pengungsi dan perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Pratikno menambahkan, pemerintah menghimbau masyarakat untuk selalu mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Mengingat Indonesia berada di wilayah ring of fire yang rentan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi.

“Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat siaga dan waspada, saling bekerja sama, untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini,” ucapnya.

Adapun Presiden dan Wakil Presiden disampaikan Pratikno selalu memonitor dari waktu ke waktu atas peristiwa erupsi Gunung Semeru. Pemerintah juga menyampaikan duka yang sangat mendalam atas seluruh korban yang terdampak dalam peristiwa itu.

Seperti yang diketahui, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami luapan awan panas, Sabtu (4/12/2021) sore. Material vulkanik yang terlihat pukul 15.20 WIB mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Akibat peristiwa itu, warga yang terkena dampak letusan harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Meskipun demikian, terdapat beberapa warga yang tewas dan hilang akibat peristiwa ini.


Komentar