oleh

Jelang Pemilihan Ketua Umum PBNU, Gus Yahya Klaim Didukung 447 Suara

Headlines.id – Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengklaim didukung 447 pengurus wilayah dan cabang dalam pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendatang.

Klaim tersebut dinyatakan mantan Katib Aam PBNU dalam konferensi pers, usai rapat pleno laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2015-2020. Menurut pendapatnya, ia telah melakukan pertemuan dengan sejumlah pengurus wilayah dan cabang NU.


“Semakin menuju arah yang mengerucut, bersiap menuju sidang pemilihan,” ujar Gus Yahya, Kamis (23/12/2021).

Secara lugas, Gus Yahya menyebutkan jumlah suara yang setuju dirinya maju sebagai Ketua Umum PBNU.

“Ada 447 (pemilik hak suara sah) dari pengurus wilayah dan cabang yang menyatakan siap bersama saya satu periode atau lima tahun ke depan,” pungkas Gus Yahya, Kamis (23/12/2021).

Jumlah suara tersebut menurutnya diketahui setelah ia menyerap aspirasi dari 474 pengurus wilayah dan cabang se-Nusantara dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Para pengurus yang ditemuinya diklaim menginginkan kepengurusan baru.

“Kemarin (Rabu) malam kami ada pertemuan di Graha Wangsa, Bandar Lampung dan 447 menyatakan berikrar setuju dengan apa yang saya sampaikan,” ungkap Gus Yahya.

“Saya sangat optimistis, karena saya bukan penjahat. Saya yakin siapa pun Rais Aam tidak akan keberatan dengan saya,” tambahnya.

Muktamar ke-34 NU sendiri dihadiri oleh peserta resmi hingga mencapai 1.959 orang. Rinciannya adalah, PB NU sebanyak 15 orang, Syuriyah sebanyak 32 orang, A’wan (20 orang), Tanfidziyah (30 orang) dan badan otonom (42 orang).

Lalu perwakilan dari lembaga di bawah naungan NU sebanyak 42 orang, PWNU (102 orang), PCNU (1563 orang) dan PCNU internasional (93 orang).


Komentar