oleh

Ini Jenis Deposito yang Wajib Kamu Ketahui Biar Makin Untung!

Headlines.id – Apakah saat ini kamu swdang tertarik untuk memulai investasi berupa tabungan deposito? Jika iya, maka kamu perlu tahu beberapa jenis deposito yang bisa kamu pilih!

Deposito sendiri merupakan produk simpanan berjangka di bank di mana suku bunga yang diberikan biasanya lebih besar sehingga lebih menguntungkan daripada rekening tabungan biasa. Namun, tabungan deposito memiliki keuntungan yang berbeda-beda, tergantung waktu penarikdan dan besar bunga atau keuntungan yang diperoleh ya!


Tahukah kamu, deposito itu juga salah satu bentuk investasi? Enggak kalah dibanding investasi lainnya seperti saham, reksadana, emas, properti, obligasi dan masih banyak lagi! Bagi kamu mahasiswa atau anak muda yang ingin memulai investasi tapi takut dengan risiko yang ditawarkan, kamu bisa mencoba tabungan deposito sebagai tempat untuk menabung dan berinvestasi karena memiliki risiko kerugian paling rendah di antara investasi lainnya, walaupun imbalan suku bunganya tidak sebesar investasi lain.

Bagi kamu yang memilih tabungan deposito sebagai pilihan menabung dan investasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan. Misalnya sebagai bantuan modal bagi yang ingin membuka usaha, dapat menyejahterakan hidupmu karena merupakan simpanan untuk di hari tua atau untuk dana lainnya. Seperti yang kamu ketahui, kita juga perlu menyiapkan dana dan tabungan untuk masa depan, sehingga deposito merupakan salah satu produk bank yang boleh banget dipilih!

Melansir dari line bank, ada beberapa jenis deposito di Indonesia, berikut jenis-jenis nya:

1. Deposito on call

Nah, deposito satu ini cukup diminati masyarakat. Deposito on call bentuknya setoran dan digunakan oleh penyedia dana untuk deposan yang berdana besar. Setoran yang dibuat juga mempunyai jangka waktu yang tidak lama, misalnya 7-30 hari.

Cara kerja perhitungan suku bunganya, biasanya dihitung per bulan. Namun, seperti deposito pada biasanya, kamu harus memberitahu pihak bank dulu agar dananya bisa cair.

2. Sertifikat deposito

Kalau jenis deposito satu ini, memiliki jangka waktu yang berlaku. Selain itu, deposito ini juga memiliki sedikit perbedaan dibanding lainnya, karena pencairan dari bunga sertifikat deposito bisa dilakukan di muka. Selain itu, sertifikat deposito juga bisa dipindahtangankan atau diperjualbelikan jika kamu berminat!


Komentar