oleh

Ini Harga Resmi Tes PCR

Headlines.id – Pemerintah melalui Kemenkes resmi menurunkan harga tes Covid-19 dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi menetapkan batas tarif tertinggi untuk RT-PCR atau tes PCR Rp275 ribu untuk wilayah Jawa dan Bali dan Rp. 300 ribu untuk luar Jawa-Bali.


Penetapan harga terbaru tes PCR tersebut menyusul arahan dari Presiden Joko Widodo yang sebelumnya meminta adanya penurunan harga tes PCR menjadi Rp 300.000, dengan masa berlaku selama 3×24 jam untuk perjalanan pesawat.

Melansir dari berbagai sumber, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir, mengatakan keputusan ini sesuai dari perintah langsung Presiden Joko Widodo untuk membuat harga tes PCR terjangkau bagi masyarakat.

“Kami sepakati bahwa batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR diturunkan menjadi Rp 275 ribu untuk daerah Jawa-Bali, serta Rp 300 ribu untuk daerah luar Jawa-Bali,” kata Abdul Kadir, Rabu (27/10/2021).

Hasil pemeriksaan real time PCR dengan menggunakan besaran tarif tertinggi itu harus dikeluarkan dengan durasi maksimal 1×24 jam dari pengambilan swab pada pemeriksaan real time PCR.

Abdul Kadir menjelaskan bahwa harga ini termasuk dalam komponen jasa pelayanan atau SDM, reagen dan habis pakai (DHP), biaya administrasi, overheat, dan biaya-biaya lainnya.

“Kami mohon agar semua fasilitas pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Laboratorium dan fasilitas pemeriksaan lainnya yang ditetapkan oleh menteri dapat mematuhi batasan tarif tertinggi RT-PCR tersebut,” ungkapnya.

Batas tarif tertinggi ini pun berlaku untuk masyarakat yang ingin melakukan tes PCR atas permintaan sendiri atau tes mandiri.

Sementara untuk penelusuran kontak atau rujukan kasus Covid-19 ke rumah sakit, saat ini masih dibiayai pemerintah.


Komentar