Ibu Kota Negara (IKN)

Ibu Kota Negara (IKN)
Foto Instagram : @jajangkur77

Headlines.id – Salah satu bagian penting dari Indonesia adalah Ibu Kota Negara (IKN) yang belum lama ini pindah dari Jakarta ke Kalimantan.

Dengan berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) ini membuat banyak pihak yang wajib mempelajari ulang bahkan memang karena ingin tahu.



Untuk itulah artikel ini akan membahas rangkuman mengenai Ibu Kota Negara (IKN) baru yang masih hangat sekali di perbincangkan.

Apa itu Ibu Kota Negara Baru (IKN) ?

Ibu Kota Negara (IKN)
Foto Instagram : @jajangkur77

IKN adalah singkatan dari Ibu Kota Baru Nusantara. Istilah IKN digunakan karena lebih pendek dan lebih mudah disebutkan.

Istilah IKN telah banyak digunakan ketika membahas Ibu Kota Negara Baru, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan dan diakhiri dengan rancangan undang-undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) sebagai dasar hukum untuk pengembangan IKN.

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan upaya pemerintah untuk menjamin pembangunan ekonomi inklusif dengan menyebarkan insentif pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak terbatas di Pulau Jawa.



Diharapkan IKN yang terletak di Kalimantan akan menjadi “pusat daya tarik” perekonomian baru di Indonesia, termasuk di wilayah tengah dan Timur Indonesia.