Hari Ini, Harga Emas Masih Bertengger di Rp 1,022 Juta per Gram

Emas
Foto: Unsplash.com/ Jingming Pan

HEADLINES.ID – Emas besutan PT Aneka Tambang atau Antam saat ini harganya mencapai Rp 1,022 juta per gram per hari ini, Minggu 19 Februari 2023.

Harga pembelian kembali saat ini yang diumumkan oleh situs Logammulia.com juga tidak berubah di Rp 907.000 per gram. Saat hendak menjual emas ke Butik Logam Mulia, Antam akan menetapkan harga yang disebut dengan “harga beli kembali”.

Emas fisik adalah bentuk uang yang aman.

Baca Juga :  Harga Emas Turun Digadang-Gadang Sebab Isu Debt Selling AS

Instrumen investasi yang berbeda membawa berbagai tingkat bahaya. Ada tiga tingkat risiko: rendah, sedang, dan berat.

Andy Nugroho, seorang perencana keuangan di Advisors Alliance Group Indonesia, mengklaim bahwa emas fisik dan logam berharga lainnya termasuk pilihan investasi berisiko rendah. Namun, ada kemungkinan besar emas akan hilang atau ada orang lain yang mencurinya, terutama saat akan anda pindahkan.

“Meskipun berfluktuasi dan cukup likuid, risikonya minimal karena pertumbuhan nilainya sudah lebih besar dari tingkat bunga bank. Karena mudah hilang atau ada orang lain yang ingin mencurinya. Hal tersebut lah yang dapat menyebabkan bisa masuk sebagai golongan asset berisiko tinggi. Di satu sisi, sangat nyaman dan ringan untuk diangkut. Tapi mungkin saat anda bawa,” kata Andy kepada IDN Times.

Baca Juga :  AS - China Damai Dagang, Rupiah Perkasa.

Selain itu, Andy menekankan kepada masyarakat umum bahwa instrumen keuangan yang berisiko rendah tentunya juga akan menghasilkan return yang lebih kecil.

Di sisi lain, jika Anda mencari sarana investasi yang menawarkan pengembalian lebih tinggi, risikonya juga lebih tinggi atau kemungkinan menderita kerugian lebih tinggi, risiko tinggi pengembalian tinggi.

“Rendahnya risk berarti returnnya juga kecil. Jangan sampai orang percaya bahwa ada low risk dan high reward” kata Andy.