oleh

Dua Remaja Curi 22 Sepeda Tim Balap Italia, Masing-Masing Harganya Rp. 162.5 Juta

Headlines.id – Dua remaja mendapat hukuman 18 bulan penjara lantaran mereka mencuri 22 sepeda tim balap Italia ketika kejuaraan dunia lintasan di Roubaix pada bulan Oktober lalu.

Kedua pelaku tersebut ialah Valerijo H (19) warga Italia dan Franko T (18) warga Perancis.


Menurut laporan kantor berita AFP, masing-masing sepeda itu bernilai sekitar 10.000 Euro (Rp.162,5 juta). Dan total hasil curian sekitar 400.000 Euro (Rp. 6,5 miliar).

Pihak kepolisian setempat berhasil menemukan semua barang curian tersebut di Romania, dan berhasil menangkap empat orang teman beraksi para pelaku.

Dengan cepat, pihak kepolisian mengidentifikasi sidik jari Franko T di dalam truk. Dan melalui catatan telepon menuntun mereka ke Valerijo H.

Polisi pun menggeledah rumah para tersangka di Lille dan Lomme. Terdapat kemasan dalam warna tim Italia, mobil van, dan pembuat kopi.

Menurut penuturan keduanya, satu orang Romania di dekat sebuah taman mendatangi mereka malam itu. Orang tersebut menawarkan 200 Euro (Rp. 3,25 juta) untuk membongkar dan memuat sepeda.

Pada Jumat lalu, mereka berkata kepada pengadilan bahwasannya mereka pergi dengan pria itu dan keponakannya untuk mengambil sepeda dari sebuah van.

Orang Romania tersebut meminta mereka untu menyimpan sepeda-sepeda itu selama beberapa jam. Lalu, datang untuk mengambilnya pada keesokan harinya.

Pengacara keduanya mengungkapkan bahwa keduanya ialah kambing hitam dalam kejadian tersebut.

“Adakah pencuri yang menyimpan ponsel mereka, menyimpan kertas pembungkus, dan teko kopi? Mereka amatir,” kata Charles Cogniot selaku pengacara tersangka.

Tapi, jaksa penuntut meminta hukuman 30 bulan untuk kasus ini lantaran mereka melakukan aksi tersebut dengan sangat terorganisir dan para terdakwa pernah dihukum beberapa kali atas pencurian.

Akibat kejadian tersebut, banyak tim Italia harus berlomba dengan sepeda pengganti pada dua hari terakhir kompetisi yang berlangsung lima hari.

Dengan hasil, Italia memperoleh 10 medali, selisih satu dari Jerman yang menduduki puncak klasemen.


Komentar

Topik