BPS Ungkap Melonjaknya Harga Beras di 147 Kabupaten Berikut

Beras
Foto: Unsplash.com/ Sandy Ravaloniaina

HEADLINES.ID – Pada pekan ketiga Februari 2023, harga beras naik di 147 kabupaten dan kota di Indonesia, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Ende hingga Malinau termasuk daerah yang mengalami kenaikan harga jagung paling drastis.

Menurut laporan di Antara pada Selasa (21/2/2023), “Sepuluh kabupaten/kota dengan potensi kenaikan harga beras terbesar antara lain Ende (NTT), Sumba Tengah (NTT), Probolinggo (Jawa Timur), Malinau (Kaltara), dan Lombok Timur (NTB).”

Garut (Jawa Barat), Barito Timur (Kalimantan Tengah), Bantaeng (Sulawesi Selatan), Lombok Tengah (NTB), dan Tapin melengkapi 10 besar daerah dengan kenaikan harga beras tertinggi di minggu ketiga bulan ini (Kalimantan Selatan) .

Di 125 kabupaten/kota, komoditas bawang merah sempat mengalami kenaikan harga, menurut Habibullah. Menyusul cabai merah di 96 provinsi/kota dan minyak goreng di 118 provinsi/kota.

Baca Juga :  Mulan Jameela Usulkan Harga Pertamax Setara Premium Loh!

Harga cabai merah rata-rata Rp 40.271 selama akhir pekan ketiga bulan Februari secara nasional. Harga bawang merah Rp. 36.385, Cabai rawit Rp. 54.831, dan minyak pemanas Rp. 17.055.

Pada pekan ketiga Februari 2023, harga berbagai komoditas di pasar Indonesia cukup bervariasi, antara lain cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan minyak goreng.

Baca Juga :  SMI Ungkap Dana Pemulihan Ekonomi Susut pada 2021

Sekadar informasi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menggelar rapat koordinasi pengendalian inflasi setiap Senin. Hampir semua kepala daerah Indonesia dan kepala berbagai kementerian dan lembaga berpartisipasi.