oleh

Beginilah Kronologi Sindikat Pembobol ATM Lintas Provinsi yang Berhasil DIbekuk di Makasar

Headlines.id – Pihak Resmob Polsek Biringkanaya menangkap seorang pria berinsial A (28) yang merupakan sindikat pembobolan ATM yang kerap beraksi di Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan, dan Sulawesi Selatan.

A mengaku bahwa aksinya yang baru-baru ini membobol mesin ATM di sekitaran Asrama Haji Sudiang dan berhasil mengamankan uang bernilai Rp.77 juta.


Kompol Rujiyanto selaku Kapolsek Biringkanaya, menuturkan bahwasa modus pelaku mengganjal potongan botol plastik di mulut mesin dan memanfaatkan kepanikan korban dan meminta pin ATM nya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya menangkap A di kediamannya, Kel. Antang, Kec. Manggala, Kota Makasar.

Pihak Polsek Biringkanaya menangkap A dengan barang bukti sejumlah satu unit sepeda motor dan perhiasan emas hasil kejahatannya.

Ternyata sang pelaku sudah melakukan aksinya selama 5 tahun terkahir. Dan saat ini ia bekerja sebagai buruh bangunan.

A juga pernah masuk jeruji besi atas kasus yang sama. Namun, seakan tidak jera akan perbuatannya tersebut. Ia melakukannya lagi karena hasilnya yang menggiurkan.

Kepada pihak kepolisian, sang pelaku mendapatkan keahliannya tersebut secara otodidak. Ia mencari ATM yang sepi dan tanpa penjagaan dan melakukan aksinya di malam hari.

Setelah mendapat kartu dan pin ATM korban, A langsung mencairkannya di gerai agen bank terkait. Hal tersebut karena kalau melakukan pencariran di bank, ada batas atau limit pengambilannya.

Rujiyanto menuturkan bahwa pihaknya baru menerima satu laporan di wilayah kerjanya. Tapi, tidak menutup kemungkinan ada banyak kejadian yang sama di daerah lainnya.


Komentar

Topik