Apa Itu Siaran TV Digital ?

Apa Itu Siaran TV Digital
Foto : Unsplsh.com

Headlines.id – Salah satu jenis tayangan televisi saat ini adalah menggunakan siaran tv digital. Namun, ada yang tahu tidak apa itu siaran tv digital ?

Semakin canggih perkembangan teknologi saat ini yang membuat inovasi terbaru semakin terdepan dalam urusan elektronika.



Buat kalian yang terlanjur ingin tahu apa itu siaran tv digital jangan khawatir kalian bisa mendapatkannya dengan menyimak ulasan berikut ini.

Apa Itu Siaran TV Digital

Apa Itu Siaran TV Digital



Siaran televisi Digital adalah siaran televisi yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi yang menjanjikan kualitas gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jernih. Ini adalah sesuatu yang tidak ada dalam siaran televisi analog.

Siaran televisi Digital juga menggunakan teknologi canggih, sehingga hanya menampilkan gambar yang berkualitas baik atau jelas.



Cara Pengecekan siaran TV digital

Di sini, di bawah, kami akan memberi tahu Anda cara memeriksa siaran TV digital.

  1. Buka halaman siarandigital.kominfo.go.id
  2. Pilih menu perangkat TV digital
  3. Dalam opsi” Pilih kategori”, Pilih” TV ” dan isi merek TV bersama dengan model/jenisnya.
  4. Jika Anda telah menerima siaran TV digital, deskripsi merek dan jenisnya akan muncul.
  5. Jika TV tidak terdaftar, Pesan” Maaf, perangkat yang Anda cari tidak terdaftar di database kami atau tidak memiliki sertifikat perangkat ” akan muncul.

Perbedaan antara TV digital dan tv analog

Berikut di bawah ini adalah perbedaan antara keduanya antara lain.



  1. Sinyal televisi Analog hanya dapat menerima sinyal antena UHF, sehingga gangguan, kebisingan dan distorsi dapat dengan mudah terjadi. Sementara televisi digital dapat memproses sinyal digital atau analog, oleh karena itu gangguan minimal.
  2. Kemampuan untuk menangkap sinyal televisi analog sangat tergantung pada jarak ke stasiun pemancar televisi. Semakin jauh jaraknya, semakin sulit bagi antena untuk mengambil sinyal siaran. Akibatnya, kualitas gambar berkurang. Sementara televisi digital tidak tergantung pada jarak ke pemancar TV. Televisi Digital pada jarak atau dekat masih dapat menerima sinyal dengan baik.Dengan demikian, kualitas gambar tidak akan berubah bahkan jauh dari pemancar.
  3. Jenis TV analog ini identik dengan TV bentuk besar atau sering disebut sebagai TV tabung.Televisi Analog juga mengharuskan STB untuk dapat menerima siaran digital. Sedangkan untuk televisi digital, biasanya ditandai dengan adanya sistem pemancar DVB-T2. Smart TV dapat dimasukkan dalam grup ini jika memiliki DVT yang dapat digunakan untuk mencari saluran TV.
  4. TV Analog, pada umumnya, memiliki kualitas gambar dan suara yang buruk.Sedangkan televisi digital memiliki kualitas gambar dan suara terbaik. Anda dapat menikmati gambar berkualitas HD dengan suara yang bagus.
  5. Televisi Analog tidak memiliki fungsi tambahan. Sedangkan televisi digital menyediakan layanan interaktif dan jadwal acara yang telah atau akan disiarkan. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa mendapatkan penjelasan terkait acara siaran atau jadwal acara di saluran yang ada di televisi.
Baca Juga :  Viral, Hendak Dikubur Bocah Ini Sempat Hidup Kembali

Karakteristik Siaran TV Digital

Berikut adalah empat fitur televisi digital yang dirangkum sebagai ciri siaran tv ini antara lain :

  1. Tidak lagi “tabung” Salah satu cara termudah untuk melihat perbedaan antara televisi analog dan digital adalah dengan melihat bentuknya. TV Digital tidak lagi sebesar dan seberat TV tabung.
    Sebagian besar TV digital sebenarnya memiliki desain bodi yang ramping. Layar TV Digital juga menggunakan teknologi liquid crystal display (LCD) atau layar LED (LED).
  2. Layar tipis belum tentu TV digital
    Terlepas dari kenyataan bahwa ia sudah memiliki layar tipis dan tubuh kurus, TV belum tentu dapat diklasifikasikan sebagai televisi digital.
    Televisi Digital dilengkapi dengan fungsi yang mendukung pencarian siaran digital (DTV). Ini berarti bahwa pengguna dapat mencari dan menonton siaran TV langsung. TV LED dan LCD konvensional tidak memiliki fungsi ini.
  3. Dilengkapi DVB-T2 decoder
    Periksa spesifikasi teknis TV Anda. Jika ada informasi yang dilengkapi dengan decoder DVB – T2 (penyiaran video Digital-generasi kedua terestrial), itu berarti TV itu digital.
    DVB-T2 berfungsi sebagai penerima sinyal TV digital. Teknologi ini memungkinkan TV untuk mengakses siaran televisi langsung tanpa memerlukan antena eksternal atau dekoder DVB-T2 (STB). Jadi Anda tidak perlu membeli STB secara terpisah.
    Kualitas gambar lebih jelas
    Tidak hanya dari segi desain dan bentuk, kualitas gambar dan suara televisi digital jauh lebih baik daripada analog.
  4. Televisi Digital, yang dibuat oleh Life Wire, dapat menampilkan gambar berkualitas tinggi (HD) dengan resolusi hingga 4K. bahkan beberapa TV digital sudah dilengkapi dengan teknologi surround sound, salah satunya termasuk Dolby Audio.