oleh

Sederet Alasan FX Rudy Pilih Prananda Pimpin PDIP, Ketimbang Puan dan Puti

Headlines.id – Isu suksesi kepemimpinan di PDIP mengemuka setelah Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo menjagokan Prananda Prabowo menjadi ketua umum pengganti Megawati Soekarnoputri. Padahal ada trah Soekarno lainnya yang merupakan kader PDIP, yaitu Puan Maharani dan Puti Guntur Soekarno.

“Saya menilai objektif. Beliau sudah berkiprah di parpol, saya kira Mas Prananda punya talenta itu,” kata Rudy saat dihubungi wartawan, Senin (12/4/2021).

Terkait nama Puan yang lebih banyak dikenal masyarakat, Rudy menilainya sebagai kesan publik. Namun Rudy menegaskan Prananda dan Puan saat ini sama-sama menjabat Ketua DPP PDIP.

Baca :  Eks Pimpinan FPI Aceh: Dulu Cekcok dengan Dandim-Kini Ajak Terobos Mudik

Puan mengetuai bidang politik dan keamanan. Kemudian Prananda mengetuai bidang UMKM, ekonomi kreatif, dan ekonomi digital.

“Hal yang wajar (publik lebih mengenal Puan). Mereka sama-sama Ketua DPP, Mbak Puan di bidang politik, Mas Prananda banyak menciptakan inovasi partai,” ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Berikut sederet alasan Rudy mendukung Prananda Prabowo:

Trah Soekarno
Rudy mengatakan penerus tampuk kepemimpinan partai haruslah berasal dari trah Soekarno. Prananda dinilai paling tepat di antara nama-nama trah Soekarno, seperti Puan Maharani hingga Puti Guntur Soekarno, sesama cucu Sukarno yang juga berkiprah di PDIP.

Baca :  Berduka, Anies dan Keluarga Salat Gaib untuk Tengku Zulkarnain

“Mau tidak mau kita yang ditinggalkan ini harus melanjutkan cita-cita Bung Karno untuk menyejahterakan kaum marhaen. Kader yang layak dan pantas menjadi Ketua Umum PDIP ya Mas Prananda,” kata Rudy kepada wartawan di Solo, Sabtu (10/4/2021).

Punya banyak inovasi
Prananda dinilai sudah banyak berperan di PDIP, terutama di internal PDIP. Dia juga dinilai telah membuat inovasi-inovasi baru di tubuh partai berlambang banteng bermoncog putih itu.

“Beliau pemikir dan tidak banyak hal yang dilakukan kecuali berjuang dan berjuang untuk PDIP. Mas Prananda menciptakan inovasi partai. Saya kira yang layak Mas Prananda,” ujar Rudy.

Baca :  Ahok Ungkap Duka Mendalam atas Meninggalnya Birgaldo Sinaga

Tidak berambisi pada kekuasaan
Prananda yang belum pernah menduduki jabatan publik, kata Rudy, bukanlah penghalang untuk menjadi ketua umum. Justru hal tersebut menunjukkan bahwa Prananda Prabowo tidak memiliki ambisi dengan kekuasaan.

“Beliau tidak punya keinginan jadi menteri, jadi anggota DPR. Di PDIP itu bukan sesuatu yang utama. Tapi yang penting beliau meniti karier di PDIP,” ungkap FX Hadi Rudyatmo.

(detikcom/hli)


Komentar