oleh

Video Viral Puting Beliung di Tengah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Headlines.id – Peristiwa puting beliung terjadi di daerah Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri, pada Rabu (20/1/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Sejumlah video yang memperlihatkan peristiwa Puting Beliung telah beredar di media sosial, baik Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Telegram, serta Youtube. Salah satunya unggahan dari akun Instagram repostwonogiri, Rabu (20/1/2021).

Video-video tersebut memperlihatkan angin puting beliung berdiameter besar yang terjadi di tengah waduk. Banyak komentar menyebut penampakan angin puting beliung di tengah Waduk Gajah Mungkur itu mirip dengan adegan dalam film Twister (1996) produksi Hollywood.

Saking besarnya diameter pusaran angin puting beliung di Waduk Wonogiri itu, sejumlah orang meragukan keaslian video tersebut. Terlalu mirip dengan film, katanya.

Ternyata video tersebut asli adanya. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto membenarkan terjadinya peristiwa puting beliung tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by WONOGIRI (@repostwonogiri)

“Kejadian itu memang betul. Saya mengecek di teman-teman relawan,” kata Bambang saat dihubungi sepertib dikutip dari Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Bambang menuturkan, peristiwa angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB dan berlangsung selama sekitar 15 menit.

“Persisnya di tengah waduk, mengarah ke barat, kemudian sebelum sampai wilayah pemukiman, dia (puting beliung) kembali ke selatan,” kata Bambang.

Dia menambahkan angin puting beliung itu segera reda. Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan harta benda maupun korban jiwa dari masyarakat.

“Alhamdulillah sudah reda. Enggak ada (kerusakan). Kebetulan enggak sampai merusak karamba juga,” ujar Bambang. (kompas.com/HLI)

Komentar