oleh

Pakar Nilai Pemerintah Tak Berani Larang Kerumunan Acara Habib Rizieq

Headlines.id –¬†Kerumunan dengan jumlah massa yang besar terus terjadi dalam gelaran acara-acara Pemimpin FPI Habib Rizieq Syihab. Kerumunan itu seakan dibiarkan begitu saja tanpa penindakan.

“Seharusnya dilarang toh, kan sudah jelas aturannya. Apalagi DKI masih PSBB. Cuma masalahnya pemerintah berani melakukannya tidak?,” kata Epidemiologi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Riris Andono Ahmad, kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020).

Riris menilai pemerintah pusat melalui Satgas COVID-19 tidak berani mengambil tindakan tegas terhadap sejumlah pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi dalam kegiatan Habib Rizieq. Menurutnya, pengabaian terhadap protokol kesehatan akan sangat beresiko menyebabkan penularan virus yang sangat masif.

“Iya (pemerintah nggak berani larang), yang pasti kan ada pengabaian tentang itu. Cuma kan ketika ada aturan, ada undang-undang wabah yang mengatakan bahwa kalau situasi seperti ini, pemerintah bisa melarang adanya kerumunan-kerumunan. Kalau tidak dilakukan ya akan menyebabkan penularan,” ujar Riris.

“Kalau memang mau ini COVID bisa terkendali, ya mereka (pemerintah) harus konsisten dengan aturannya dan menegakkan aturan tersebut,” sambungnya.

Seperti diketahui, kepulangan pemimpin FPI Habib Rizieq Syihab ke Indonesia pada Selasa (10/11) dan sejumlah kegiatannya sedang jadi sorotan. Kegiatan yang dihadiri oleh Habib Rizieq kerap menimbulkan kerumunan massa tanpa jaga jarak.

Bermula saat proses penjemputan Habib Rizieq oleh pendukungnya saat itu menimbulkan kerumunan di Bandara Soekarno-Hatta. Massa pendukung Habib Rizieq berbondong-bondong menjemput ke bandara hingga menimbulkan kemacetan parah di Tol Bandara.

Habib Rizieq dijemput massa dari Bandara Soetta hingga ke kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. Di kediamannya pun kerumunan massa telah menunggu kedatangan Habib Rizieq.

Kerumunan juga terjadi pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan pada Jumat (13/11). Setelah menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Habib Rizieq melanjutkan acaranya ke Bogor, Jawa Barat. Kerumunan massa yang menyambut Habib Rizieq di Bogor pun tak terelakkan.

Terbaru adalah ketika Habib Rizieq menggelar akad nikah putrinya Syarifah Najwa Syihab di dekat kediamannya di Petamburan pada Sabtu malam. Prosesi akad nikah ini juga berbarengan dengan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kerumunan massa dalam jumlah besar pun kembali terjadi.

(detikcom/hli)

Komentar