oleh

Di HUT IDI, Jokowi Bicara Tak Ada Lembaga yang Lebih Super

Headlines.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memiliki catatan panjang dalam dunia kedokteran dan kesehatan. Jokowi menyebut, dalam perjuangan panjang tersebut, IDI tidak bisa berdiri sendiri.

“Dalam perjuangan panjang itu, IDI tidak bisa sendirian. IDI berada dalam ekosistem yang di dalamnya ada lembaga pendidikan, ada profesi-profesi lain, ada industri, dan lain sebagainya. Ini memerlukan sinergi dan kerja sama yang erat, sehingga apa yang menjadi tujuan IDI akan bisa tercapai,” kata Jokowi dalam peringatan HUT IDI secara virtual, Sabtu (24/10/2020).

IDI bersama lembaga lainnya, kata Jokowi, berada dalam satu ekosistem kesehatan. Jokowi mengajak tidak ada lembaga yang merasa lebih super dibandingkan yang lain dan mendorong adanya kerja sama.

“Kerja dalam ekosistem kesehatan, sudah saatnya kita menghilangkan egosentrisme lembaga. Tidak ada lembaga yang lebih penting dari yang lain, tidak ada lembaga yang lebih super dibanding yang lain. Semuanya penting, semuanya super, jika masing-masing mau bekerja sama,” ujar Jokowi.

Dalam peringatan HUT ke-70 IDI, Jokowi berharap IDI menjadi bagian dalam gerbong reformasi kesehatan. Reformasi kesehatan bisa tercapai dengan kerja sama dari semua pihak.

“Saya berharap IDI menjadi bagian dalam gerbong reformasi sistem kesehatan. Keberhasilan reformasi ini tidak ditentukan oleh kerja pemerintah semata, tapi memerlukan dukungan penuh dari organisasi profesi dan juga masyarakat,” kata Jokowi. (detikcom/hli)

Komentar