oleh

1.620 Relawan Vaksin COVID-19 Selesai Disuntik Dosis Pertama Pekan Ini

Headlines.id – Tim uji klinis fase III vaksin COVID-19 menargetkan vaksinasi dosis pertama calon vaksin COVID-19 rampung pekan ini. Hingga Selasa (14/10/2020), sudah sebanyak 1.565 dari 1.620 relawan yang telah menerima suntik vaksin di enam lokasi uji klinis di Kota Bandung.

Manajer Lapangan Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 UNPAD Eddy Fadlyana mengatakan, pekan ini sekitar 55 relawan yang tengah menunggu waktu penyuntikan dosis pertama.

“Untuk hari Jumat, penyuntikan 55 subjek untuk melengkapi 1.620 relawan,” ujar Eddy saat dihubungi wartawan, Rabu (14/10/2020).

Dari data yang dihimpun tim uji klinis, saat ini sudah 1.072 relawan yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua (V2). 483 di antaranya bahkan telah menjalani pengambilan darah usai penyuntikan kedua atau dalam fase pemantauan.

“Umumnya baik, tidak ada keluhan yang berkaitan dengan vaksin. Ada beberapa yang melaporkan tapi tidak berhubungan dengan vaksin, seperti sakit asma, alergi, rematik,” ujarnya.

Sebelumnya, uji klinis vaksin COVID_19 buatan Sinovac ini dilaksanakan oleh Unpad dan Biofarma. Ada enam lokasi yang digunakan untuk melaksanakan uji klinis ini, yakni Puskesmas Garuda, Dago, Sukapakir, Ciumbuleuit, Balai Kesehatan Unpad dan RSP Unpad.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Unpad Prof Kusnandi Rusmil mengimbau agar para relawan tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Relawan pun boleh saja melakukan perjalanan ke luar kota, namun harus melaporkan bila berpergian ke zona merah.

“Kalau pergi boleh saja, tapi pada saat kita perlu untuk datang ke sini ada. Makanya itu, relawannya dari Bandung. Kalau dari luar, pas butuh nanti susah datangnya,” ujar Kusnandi. (detikcom/hli)

Komentar