oleh

Pilwakot Bandar Lampung: Berebut 647.278 Suara

Headlines.id – Final, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilwakot Bandarlampung berjumlah  647.278 pemilih. Hal tersebut berdasarkan hasil pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)  Pilwakot Bandarlampung tahun 2020, di Hotel Emersia, Senin (12/10).

“Finally, DPT berjumlah 647.278 terdiri dari 324.429 pemilih laki-laki dan 322.849 pemilih perempuan. Tidak ada penambahan dari DPSHP,” kata Kordiv Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kota Bandarlampung Fery Triatmojo.

Angka ini sama dengan yang diungkapkan dalam pleno oleh masing-masing hasil dari kecamatan, itu juga sama dengan hasil pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) beberapa waktu lalum  Ada penambahan sekitar 6 ribu pemilih jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang jumlahnya 640.910 pemilih.

Namun, Kordiv Data KPU Kota Bandarlampung, Ika Kartika mengatakan, data DPT berbeda demgam DPSHP. Dimana, jumlah total DPSHP sekitar 648 ribu. “Tadi rekomendasi dari Bawaslu sudah kita tindaklanjuti. Dari sekitar 648 ribu, menjadi 647.278,” kata dia.

Ika melanjutkan, angka DPT yang sudah diplenokan ini sudah final dan tidak ada lagi perbaikan. Di mana, yang belum masuk ke dalam DPT nantinya bisa tetap menyalurkan hak suaranya melalui e-KTP. “Namun harus sesuai dengan domisili di KTP tersebut. Dia bisa menyalurkan hak suaranya diatas jam 12 siang,” jelasnya.

Diketahui dalam proses pleno, tejadi dua kali skors lantaran ada penambahan sekitar 6000an pemilih jadi pertanyaan Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansyah. Di mana, beberapa waktu lalu pihaknya menemukan 1892 pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dalam DPS. Candra juga mengaku sudah memerintahkan Panwascam untuk memanggil PPK enam kecamatan.

“Sebab dari temuan kami masih ada pemilih yang seharusnya masuk DPT tapi belum. Kita juga mempertanyakan dasar penambahan jumlah tersebut dan akan melakukan klarifikasi,” kata dia.(wrt/hli)

Komentar

Topik