oleh

Membentang 40 Km, Manado-Bitung Jadi Tol Terpanjang di Sulawesi

Headlines.id – Jalan tol Manado-Bitung untuk ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 km telah resmi beroperasi. Tol ini akan terus dibangun hingga mencapai total panjang 40 km.

Tol Manado-Bitung sendiri digadang-gadangkan akan menjadi tol terpanjang di Sulawesi Utara, bahkan seantero Sulawesi saat ini. Tol lainnya yang ada di Sulawesi adalah Tol Makassar seksi IV sepanjang 11,6 km.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan dengan diresmikannya pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung dapat memangkas waktu tempuh yang cukup signifikan antara Manado dan Bitung. Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut yang dilalui melalui jalan nasional berkisar 1,5 jam, maka dengan menggunakan jalan tol tersebut dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit.

“Diharapkan dengan adanya jalan tol ini akan menurunkan biaya logistic serta mendukung pengembangan kawasan industri dan destinasi wisata di Sulawesi Utara. Selain itu, keberadaan jalan tol ini juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah-wilayah sekitar,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

Jalan Tol Manado-Bitung sendiri merupakan jalan tol pertama yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado. Proyek pembangunan jalan tol ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp 3,16 triliun untuk pekerjaan seksi II.

Proyek Jalan Tol Manado-Bitung Seksi II memiliki lintasan sepanjang ± 26 kilometer dengan masa pelaksanaan selama 969 hari kalender. Jalan tol ini dimiliki oleh PT Jasamarga Manado Bitung dimana susunan kepemilikannya terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 65%, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebesar 20%, dan PTPP sebesar 15%.

Adapun ruang lingkup pekerjaan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung, antara lain pekerjaan tanah, pekerjaan jalan utama, pekerjaan jalan ramp, pekerjaan jalan akses, frontage, jembatan, drainase, gerbang tol, dan sebagainya.

PTPP sendiri telah menyelesaikan jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu dengan panjang 26 kilometer, di mana gerbang tol terdekat dengan Bandara Sam Ratulangi hanya berjarak 9 kilometer sehingga dapat memotong waktu tempuh perjalanan sebelumnya melalui jalan nasional. (detikcom/hli)

Komentar