oleh

Surat-Surat Alquran Ini Disunahkan Dibaca di Malam Jumat, Keutamaannya Besar

Headlines.id

Hari Jumat merupakan hari paling istimewa bagi umat Islam. Jumat juga disebut sebagai penghulunya hari atau sayyidul ayyam.

Di malam Jumat, kaum Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan atau ibadah. Hari Jumat merupakan hari turunnya Nabi Adam as dari Surga ke bumi dan diterima taubatnya oleh Allah SWT.

Hujjatul Islam, Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah seperti dikutip dari Islami.co menganjurkan membaca beberapa surat Alquran.

Disunnahkan pada hari jumat atau pada malamnya, untuk melakukan shalat empat rakaat dengan membaca surat-surat berikut: Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yaasin. Jika tidak mampu maka bisa hanya dengan membaca Surat Yasin dan ad-Dukhan, alif laam mimm as-Sajadah dan Surat al-Mulk”.

Membaca Surah Al Kahfi dapat dilakukan pada malam atau siang hari di Hari Jumat. Keutamaan membaca surat ini, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati bagi umat-Nya yang membaca Surat Al Kahfi hingga satu pekan kemudian.

Ketenangan hati ini berguna dalam setiap pekerjaan yang terkadang memberatkan dan membutuhkan kesabaran.

Seperti yang disampaikan dalam Hadis HR.Hakim. “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat (HR. Hakim).

Membaca Surat Al Kahfi juga akan dilindungi dan dijauhkan oleh Allah dari fitnah Dajjal.

Selain Surat Al Kahfi, umat islam juga dianjurkan membaca Surat Yasin pada hari Jumat. Syekh Abdur Raul al-Manawi menyebut beberapa surat yang diterangkan keutamaannya dalam sebuah hadits, yaitu Surat al-Baqarah, Ali Imran, al-Shaffat, Yasin, dan surat-surat yang menyebutkan ihwal Ali Imran.

Keutamaan membaca Surat Yasin sendiri ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut. “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Bagi orang yang kurang fasih membaca Alquran terutama pada surat-surat panjang, Imam Al Ghazali menganjurkan agar menggantinya dengan membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW dan membaca surat-surat pendek, seperti QS Al Ikhlas (Qulhu).

Membaca selawat sebanyak-banyaknya sangat dianjurkan, selain untuk bekal kelak di hari kiamat, selawat juga bisa memudahkan dalam mendapatkan suatu kebaikan. Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (jum’at) ini, sesungguhnya sholawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadits shahih).

Wallahu A’lam Bimurodih.

Komentar