oleh

Pertama Kali, Vaksin Corona Buatan China Dipamerkan

Headlines.id

Beijing –

China telah memamerkan vaksin virus Corona buatannya sendiri untuk pertama kalinya. Vaksin Corona ini nantinya akan diproduksi secara massal.

Seperti dilansir AFP, Senin (7/9/2020) harapan besar tergantung pada botol kecil berisi cairan yang dipamerkan di pameran perdagangan Beijing minggu ini – kandidat vaksin yang diproduksi oleh perusahaan China, Sinovac Biotech dan Sinopharm.

Seorang perwakilan Sinovac mengatakan kepada AFP bahwa perusahaannya telah “menyelesaikan pembangunan pabrik vaksin” yang mampu memproduksi 300 juta dosis setahun.

Pada hari Senin (7/9), orang-orang di pameran perdagangan berkerumun di sekitar stan yang menunjukkan vaksin Corona tersebut.

Media dan pejabat pemerintah sekarang menekankan kebangkitan Wuhan, kota di China tengah tempat munculnya kasus Corona pertama kali.

Mereka juga menggembar-gemborkan kemajuan dalam vaksin domestik sebagai tanda kepemimpinan dan ketahanan China dalam menghadapi ancaman kesehatan.

Pada bulan Mei, Presiden China Xi Jinping berjanji untuk membuat vaksin potensial yang dikembangkan oleh China menjadi “barang publik global”.

Vaksin potensial yang dipamerkan termasuk di antara hampir 10 vaksin di seluruh dunia yang memasuki uji coba fase 3, biasanya langkah terakhir menjelang persetujuan peraturan, seiring negara-negara berlomba untuk menghentikan virus Corona dan memulai kembali ekonomi yang terpukul.

Pada bulan lalu, setidaknya 5,7 miliar dosis vaksin Corona yang sedang dikembangkan di seluruh dunia telah dipesan sebelumnya.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa imunisasi yang meluas terhadap COVID-19 mungkin tidak akan diberlakukan sampai pertengahan tahun depan.news.detik.com

Komentar