oleh

Melarat, Ustad Seleb Riza Muhammad Tak Mampu Bayar Tagihan Listrik

Headlines.id

Ustaz Riza Muhammad mengaku tak mampu membayar tagihan listrik sebesar Rp5 juta. Rumahnya pun selalu didatangi oleh petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan mengancam akan memutus aliran listrik. Dalam tayangan YouTube Net Entertainment News yang diunggah pada Jumat, 7 Agustus 2020, Ustaz Riza mengatakan bahwa sebelumnya dia tidak pernah telat membayar.

“Saya tidak pernah ngadat dalam bayar PLN. Jadi ini contoh surat, setiap beberapa hari sekali saya mesti akan terima surat plus pemutusan. Nah kalau peringatan itu dilayangkan tanpa ada kata pemutusan kita gak akan gitu (ngadat),” kata Ustaz Riza dikutip IntipSeleb pada Rabu, 19 Agustus 2020.

Ustaz berlesung pipi itu juga melanjutkan bahwa kedatangan petugas dengan mengancam akan memutus listrik itu ia terima selama beberapa kali. Suami Indri Giana merasa bahwa jika kedatangan mereka dengan baik dan tak ada ancaman, mereka akan membayarnya.

“Kalau memang mereka niatnya datang untuk kasih waktu dan peringatan, pasti kita terima karena kita pun pasti membayar. Ini saya telat lima hari kemarin, itupun bilang sama karyawan saya kalau tidak bayar ini akan diputus. Nah kalimat-kalimat kalau tidak bayar hari ini akan diputus, bagi saya bukan kalimat bijak,” lanjutnya.

Kekecewaan ayah dua anak itu pun kini berubah menjadi bentuk ancaman. Dia mengatakan bahwa jika pihak PLN akan tetap memutusnya, maka tiang listrik yang berdiri tepat di halaman rumah Ustaz Riza bisa dirobohkan.

“Tiang listrik itu ada di dalam rumah saya dan itu tanah kekuasaan saya. Jadi kalau memang cabut hari ini, saya minta tiang listrik itu juga yang menerangi barat dan timur, diangkat dari halaman saya hari ini,” kata Ustaz Riza.

Rupanya kekesalan Ustaz Riza ini disaksikan langsung oleh petugas PLN. Petugas mengatakan bahwa dalam aturan jika pelanggan telat membayar maka akan dikenakan denda dan pemutusan sementara.

“Ketika pelanggan tidak melakukan pembayaran sampai akhir masa pembayaran. Di tanggal 21-nya itu, di aturan kami jelas selain terkena denda keterlambatan, PLN dari pihak pertama sudah berhak melakukan pemutusan sementara,” kata petugas PLN.

Pandemi virus corona (COVID-19) membuat Ustaz Riza kehilangan beberapa pekerjaan. Sang istri, Indri Giana mencari cara agar listrik rumahnya tak padam meskipun harus membayar dengan uang pinjaman dari kerabat dekat.

“Jadi saya akan bayar ya mas hari ini. Entah uang dari mana ya, yang jelas kita lunasin hari ini dan nanti ke depannya, Insya Allah kita gak bakal telat lagi,” kata Indri Giana.

Ustaz Riza berharap bahwa akan ada hikmah dibalik nasibnya yang malang ini. Bahkan, dia malu untuk mengungkapkan kondisi ekonomi yang sulit pada publik.

“Saya malu banget. Saya malu karena saya belum pernah seperti ini. Saya belum pernah gak bayar listrik itu belum pernah,” kata Ustaz Riza Muhammad sambil menangis. (sumber)

Komentar

Topik