oleh

Meski Tengah Konflik dengan Israel, Warga Palestina Ikut Rayakan HUT ke-75 RI

Headlines.id

Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ternyata tidak hanya dirasakan oleh rakyat Indonesia. Palestina, negara yang kini masih berkonflik dengan Israel ternyata juga ikut merayakan hari kemerdekaan Indonesia.
Seorang YouTuber asal Indonesia bernama Muhammad Husein Gaza membagikan warga Palestina merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada hari ini, Senin 17 Agustus 2020. Dalam videonya itu, Husein menjelaskan bahwa warga Palestina melukis mural dengan logo HUT RI ke-75 di tembok rumah mereka.
Diketahui, menurut pengakuan Husein, ia mengambil video tersebut di tempat pengungsian di pinggir pantai, Gaza. Bahkan, terlihat jelas, gedung-gedung di kota itu tampak roboh dan hanya menyisakan reruntuhan bangunan.
“Saya berada di pengungsian di Pantai bagian barat, Gaza. Ini adalah teman-teman mural/pelukis Gaza yang sedang menunjukkan karya dalam rangka ikut merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75,” ucap Husein.
Meski Tengah Konflik dengan Israel, Warga Palestina Ikut Rayakan HUT ke-75 RI (1)
Viral warga Palestina turut merayakan kemerdekaan Indonesia di tengah konflik dengan Israel. (Foto: YouTube/Tangkapan Layar Muhammad Husein Gaza)
Dalam lukisan tersebut, para pemuda Palestina tampak menuliskan tiga pesan untuk Indonesia. One Love, One Spirit, dan One Dream merupakan tiga pesan yang ditujukan kepada Indonesia yang kini merayakan hari kemerdekaan.
Sementara itu, menurut pengakuan seorang seniman Palestina bernama Iyad Taha yang juga turut memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Ia mengaku sangat menyayangi warga Indonesia dan memberi hadiah berupa lukisan untuk Indonesia yang tengah merayakan kemerdekaan pada hari ini.
“Karya ini kita hadiahkan untuk saudara-saudara kami tercinta di Indonesia baik masyarakatnya dan pemerintahannya. Karya ini kamu buat sebagai hadiah perayaan hari ulang tahun kemerdekaan rakyat Indonesia,” ucap Taha.
Video
Kendati demikian, meski hanya bisa memberi sebuah lukisan. Iyad mengaku sangat berterimakasih kepada Indonesia karena telah membantu warga Palestina selama ini dengan memberi bantuan berupa makanan ataupun pakaian.
Seperti diketahui, hingga saat ini, warga Palestina masih berjibaku memperjuangkan negaranya agar segera merdeka dari penjajahan Israel. Bahkan, konflik antar kedua negara ini masih belum mereda hingga kini.
Tak ayal, banyak warganet yang juga turut berterimakasih atas lukisan mural yang dibuat oleh para seniman Palestina untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2020. (fre)Kumparan.com

Komentar