oleh

Profil 8 Paskibraka yang Bertugas Saat Upacara HUT RI ke-75

Headlines.id

Berbeda dengan tahun sebelumnya, jumlah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020 saat upacara HUT RI ke -75 dibatasi hanya delapan orang.

Di 2019, jumlah paskibraka yang bertugas sebanyak 68 orang. Pengurangan anggota paskibraka dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Delapan orang paskibraka ini sudah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (13/8).

Anggota Paskibraka tersebut akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8) mendatang di halaman Istana Merdeka. Pada sore harinya, mereka juga akan kembali bertugas dalam upacara penurunan bendera.

Para paskibraka yang bertugas akan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Berikut profil delapan paskibraka yang akan bertugas pada 17 Agustus mendatang;

1. Indrian Puspita Rahmadhani

Dia adalah paskibraka 2020 dari Aceh. Indrian Puspita Rahmadhani merupakan siswi kelas XII SMAN 1 Bireuen Aceh. Siswi kelahiran 2003 ini kembali dipanggil ke Istana setelah sebelumnya mewakili Aceh ke tingkat nasional saat masih duduk di bangku kelas XI.

2. Sudrajat Prawijaya

Sudrajat Prawijaya merupakan siswa SMAN 4 Rejang Lebong, Bengkulu. Dia mewakili Bengkulu untuk menjadi paskibraka 2020.

3. I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata

I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata adalah perwakilan paskibraka dari Bali, ia merupakan siswa SMAN 1 Mendoyo, Bali.

4. Muhammad Arief Wijaya

Muhammad Arief Wijaya kembali terpilih sebagai anggota Paskibraka 2019. Dia merupakan siswa SMAN 2 Kendari, Sulawesi Tenggara.

5. Muhammad Asri Maulana

Muhammad Asri Maulana sebelumnya pernah menjadi Paskibraka pada 2019. Kini dia terpilih lagi untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan. Muhammad Asri Maulana merupakan siswa SMAN 1 Kandangan, Kabupaten HSS, Kalsel.

6. Sylvia Kartika Putri

Sylvia Kartika Putri adalah siswi dari SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumut. Dia sebelumnya pernah menjadi anggota Paskibraka 2019. Dia bertugas sebagai pendamping pembawa baki duplikat bendera pusaka di Paskibraka 2019.

7. Dhea Lukita Andriana

Dhea Lukita Andriana merupakan siswi SMAN 1 Ngunut Tulungagung, Jawa Timur. Saat ini Dhea duduk di kelas XII IPA. Orang tua Dhea menjadi TKI di Taiwan dan Malaysia, selama ini Dhea tinggal bersama kakeknya di Desa Kalangan.

Dhea sebelumnya merupakan anggota Paskibraka 2019. Kini dia kembali menjadi anggota Paskibraka 2020.

8. Muhammad Adzan

Muhammad Adzan adalah siswa MAN 2 Kota Bima, NTB. Pada 2019 Adzan menjadi Komandan Kelompok (Danpok) 17 pada Tim A (Tim Merah). Tim Merah biasanya bertugas pada pagi hari. Kini Muhammad Adzan kembali menjadi anggota paskibraka 2020. CNN Indonesia

Komentar