oleh

Detik-detik Ledakan di Beirut, Lebanon

Headlines.id – Sebuah ledakan besar melanda ibukota Lebanon, Beirut, Selasa waktu setempat (4/8/2020), melukai banyak orang dan merusak gedung serta bangunan sekitarnya.

Dikutip dari CNN (4/8/2020) sumber ledakan pada awalnya diyakini sebagai kebakaran besar di sebuah gudang penyimpanan petasan di dekat pelabuhan di Beirut, National News Agency yang dikelola negara.

Ledakan itu mengirimkan gelombang kejut besar mirip awan jamur dan merusak bangunan dari pelabuhan. Termasuk bangunan milik mantan Perdana Menteri Saad Hariri dan biro CNN di pusat kota Beirut.

Awan merah menggantung di atas kota setelah ledakan ketika tim pemadam kebakaran bergegas ke tempat kejadian untuk mencoba memadamkan api.

Sejumlah besar orang terluka dalam ledakan itu, kata pihak berwenang, dan rekaman video dari tempat kejadian menangkap korban luka yang terhuyung-huyung melalui jalan-jalan di ibukota.

Menteri Kesehatan Lebanon memerintahkan semua rumah sakit di daerah itu untuk bersiap menerima korban luka-luka. Menurut saksi mata, rumah sejauh 10 kilometer ikut mengalami dampak kerusakan.

Seorang warga Beirut yang beberapa kilometer jauhnya dari lokasi ledakan mengatakan jendelanya telah hancur oleh ledakan.

“Apa yang saya rasakan adalah gempa bumi,” kata Rania Masri kepada CNN.

“Apartemen itu bergetar secara horizontal dan tiba-tiba rasanya seperti ledakan dan jendela dan pintu terbuka.

Kacanya pecah. Begitu banyak rumah yang rusak atau hancur,” kata dia.

Sementara dikutip dari dari usatoday, beberapa stasiun TV lokal melaporkan ledakan itu di pelabuhan Beirut di dalam area tempat kembang api disimpan.

“Jika itu kembang api, seperti yang dikatakan beberapa sumber berita – itu adalah kembang api besar,” kata koresponden CNN Beirut Ben Wedeman.

Dia mengatakan dia “tidak pernah merasakan hal seperti itu … [Saya] sudah berada di sekitar blok dan melihat ledakan yang cukup besar … dan ini lebih besar.”

Kepala biro Washington Post Beirut Liz Sly melaporkan “orang-orang yang berdarah, puing-puing menumpuk di semua bagian,”

 

View this post on Instagram

 

IS EVERYONE SAFE?

A post shared by Widad Taleb (@widadstaleb) on

(kompas.com/hli)

Komentar