oleh

Saat Megawati Tolak Jabat Tangan Dengan Surya Paloh Dan AHY

Headlines.id – Hubungan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum NasDem Surya Paloh sempat memanas. Sejumlah internal koalisi Jokowi-Ma’ruf menyebut, hubungan keduanya tegang dipicu kinerja M. Prasetyo selaku Jaksa Agung.
Hubungan keduanya tampaknya masih tetap tegang. Setidaknya, hal ini terlihat saat pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024 pada Selasa (1/10) kemarin. Megawati dan Paloh hadir dalam acara tersebut. Namun, Megawati tampak buang muka ketika Paloh berdiri untuk bersalaman dengannya.

Dilihat dari rekaman Kompas TV yang menyiarkan acara pelantikan secara langsung, saat itu Megawati yang mengenakan kebaya merah tampak baru tiba dan hendak duduk di podium, tempat tamu undangan VVIP. Saat baru masuk, sejumlah politikus nasional sudah duduk, termasuk Paloh. Paloh duduk satu barisan dengan Ketum PPP Suharso Monoarfa, politikus Golkar Rizal Mallarangeng dan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Ketika Megawati masuk, sontak AHY, Rizal, Paloh, dan Suharso berdiri. Megawati langsung bersalaman dengan Rizal yang menyorongkan tangannya. AHY yang duduk di sebelah Rizal juga langsung menunduk kemudian menyorongkan tangan, tapi Megawati melengos. Ia tetap berjalan. Selang dua bangku dari Rizal, Paloh juga sudah berdiri dan bersiap untuk salaman. Namun, Megawati tampak buang muka dan tetap berjalan. Melihat Megawati yang mengabaikannya, Paloh yang tadinya berdiri langsung kembali duduk.

Namun, hal berbeda tampak ketika Megawati dengan ramah menerima ajakan salaman dari Suharso Monoarfa. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang berada di lokasi dan mendampingi Megawati membantah hubungan Megawati dan Paloh masih panas. Ia menjelaskan kronologi kejadian saat itu. Hasto saat itu memang berada di dekat Megawati.

“Saya kan sudah tunjukkan video ini ke Ibu. Pas Ibu mau salaman, ada saya dan Pak Suharso menghalangi, jadi akhirnya kelewatan. Jadi itu enggak kelihatan Pak Paloh karena saya dan Pak Suharso maju,” kata Hasto kepada kumparan, Rabu (2/10).
“Coba itu kameranya diambil dari sisi lain, pasti terlihat bahwa emang tak kelihatan,” lanjut Hasto.
Hasto menegaskan hubungan Megawati dan Paloh masih sangat baik. Hal ini terbukti saat keduanya bersama ketum pendukung koalisi Jokowi bertemu Presiden Jokowi pada Selasa (30/9) malam. Menurut Hasto, Megawati dan Paloh saat itu akrab.
“Hubungan masih bagus. Kemarin dalam pertemuan dengan Presiden, bersama-sama berdiskusi, bertukar pikiran. Jadi tidak ada hubungan panas. Masyarakat Indonesia suka drama dan itu hanya aspek teknis,” lanjut dia.

Sementara itu, Ketua DPP NasDem Martin Manurung juga membantah hubungan Paloh dan Megawaati menegang.
“Enggak terlalu dibesar-besarkan lah. Yang penting Pak Surya kan sudah menunjukkan gesture berdiri. Ibu Mega pas melihat ke kiri. NasDem selalu berprasangka baik,” kata Martin. (wrt/hli)

Komentar

Topik