oleh

Ini Sosok Ulama Zakir Naik Yang Sedang Jadi Kontroversi

Headlines.id – Ulama Zakir Naik pada Rabu, 14 Agustus 2019  menduduki peringkat ketiga trending Twitter Malaysia menyusul tersebar luasnya ucapan Zakir di media sosial. Ceramah Zakir pada 8 Agustus 2019 di Kelantan, Malaysia, menjadi kontroversi saat dia menyinggung-nyinggung etnis Cina dan umat Hindu Malaysia.

Zakir adalah warga negara India yang lahir di kota Mumbai pada 18 Oktober 1965. Dia menyelesaikan pendidikan di Kishinchand Chellaram College dan mendapatkan gelar MBBS dari Topiwala National Medical College.

Zakir menapaki jalan sebagai ulama ketika pada 1987 bertemu dengan ulama asal Afrika Selatan Ahmed Deedat. Ulama itu diduga memberikan pengaruh besar pada Zakir.

Empat tahun setelah pertemuannya dengan Deedat atau pada 1991, Zakir mulai berdakwah. Sebagai bentuk keseriusannya berdakwah, dia pun mendirikan Yayasan Penelitian Islami (IRF) dan stasiun televisi religius yang disebut ‘Peace TV’.

Melalui ‘Peace TV’, Zakir menyiarkan Islam, meluruskan pandangan keliru tentang Islam dan prinsip-prinsipnya bukan hanya kepada umat Muslim, tetapi juga non-Muslim.

Peace TV yang berkantor pusat di Dubai disebut memiliki jumlah penonton lebih dari 200 juta di seluruh dunia. Namun pada 2012, pemerintah India melarang saluran itu menyusul serangan teror di ibu kota Dhaka, Bangladesh. Pemerintah Bangladesh pun mengambil keputusan sama dengan India.

Selain Peace TV, Zakir juga menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berdakwah. Saat ini, lebih dari 14 juta orang menjadi followers (pengikut) Zakir di Facebook.

Komentar