oleh

Defisit 28,4 T, BPJS Kesehatan Ditawari Luhut Asuransi Dari China

Headlines.id – Ping An Insurance adalah sebuah perusahaan asuransi dari China yang siap membantu membenahi sistem IT dari BPJS Kesehatan.

Defisit BPJS Kesehatan yang diperkirakan mencapai Rp 28,4 triliun membuat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan turun tangan. Solusi yang ditawarkan dengan mengenalkan Ping An Insurance.

Apa itu Ping An Insurance? Adalah sebuah perusahaan asuransi dari China yang siap membantu membenahi sistem IT dari BPJS Kesehatan.

“Kemarin itu Ping An menawarkan, mungkin mereka membantu evaluasi sistem IT-nya. BPJS juga melihat beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki,” kata Luhut kepada media di Kantor Kemenko Maritim, Jumat (23/8/2019).

Untuk diketahui, Ping An Insurance (Group) Co. merupakan perusahaan asuransi terbesar di China. Ping An merupakan salah satu perusahaan asuransi yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan seperti memprediksikan influenza, diabetes hingga penyakit lainnya. Ping An juga memiliki sistem IT facial recognition technology sampai voiceprint recognition technology.

Dalam pertemuan dengan itu, Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris menyampaikan terkait tarif iuran yang diberlakukan selama ini. Karena iuran yang berlaku selama ini dianggap tergolong murah.

Tak hanya itu. Penerima manfaat BPJS Kesehatan pun perlu dikaji lagi. Apalagi mereka yang masuk dalam kategori ‘orang mampu’ secara ekonomi.(wrt/hli)

Komentar