oleh

Geger, Liga Inggris Kampanye Dukung LGBT!

Headlines.id – Ada yang berbeda dalam seluruh pertandingan di Premier League pada pekan ini. Kali ini, Liga Inggris memperlihatkan dukungannya kepada kesetaraan hak kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT), dengan menebar warna pelangi.

Asal tahu saja, kampanye LGBT ini dimulai sejak musim lalu. Ketika itu Liga Inggris meneken kerja sama dengan Stonewall, organisasi yang gencar mengampanyekan persamaan hak LGBT di olahraga.

Sebagai simbolnya, semua pertandingan Liga Inggris akan bernuansa pelangi. Seperti yang terjadi saat pekan ke-14 Liga Inggris, laga Cardiff vs Wolverhampton Wanderers, yang menjadi pertandingan pembuka Liga Inggris untuk mengampanyekan dukungan ke LGBT.

Di tali sepatu pemain, ban kapten, hingga boks tempat bola jelang kick off, akan ada motif pelanginya.

Tak cuma di pertandingan, klub-klub seperti Manchester City, Chelsea, Arsenal dan Liverpool juga mengampanyekan dukungan mereka lewat media sosial. Mereka mengubah foto profil akun media sosialnya menjadi bernuansa pelangi.

Kampanye kesadaran akan persamaan hak LGBT memang gencar dikampanyekan, khususnya di sepakbola. Seperti dilansir The Sun, masih banyak pendukung klub yang enggan bersikap terbuka pada sesama.

Sebanyak 72 persen suporter sepakbola, seperti ditulis The Sun, rupanya masih sering mendengar ujaran kebencian pada kaum LGBT saat menyaksikan pertandingan.

Kemudian, satu dari setiap lima orang penggemar berusia 18 hingga 24 tahun mengaku akan malu jika pemain favorit mereka memilih orientasi seks yang berbeda. Hal itu yang coba diberantas di Inggris, khususnya di sepakbola.

Mantan pemain Chelsea, Graeme Le Saux, yang sempat merasakan hinaan suporter karena dituding gay, paham betul betapa tidak enaknya mendapat diskriminasi tersebut. Ia menilai sikap para klub sudah tepat dengan ikut menyuarakan persamaan hak asasi manusia, termasuk untuk para LGBT. “Untungnya, saya tahu, tidak ada pemain lain yang akan melalui seperti apa yang saya pernah alami karena lingkungan sekarang telah banyak berubah,” kata Le Saux di situs resmi Chelsea.(wrt/hli)

Komentar